• Berita Terkini

    Monday, August 7, 2017

    Dua Calon Direktur Utama Bank Kebumen Jalani Uji Kelayakan

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Posisi Direktur Utama PD BPR Bank Kebumen sebentar lagi akan segera terisi.  Sebab sudah ada dua orang calon Direktur Utama PD BPR Bank Kebumen mengikuti seleksi wawancara di Ruang Rapat Gedung F Kebumen, Senin (7/8/2017).

    Kedua calon Direktur Utama PD BPR Bank Kebumen, yang mengikuti seleksi itu yakni Rudi Rastiono (56) dan Ashari (44). Keduanya berasal dari luar  Kabupaten Kebumen. Rudi Rastiono, merupakan warga Bumi Seturan Permai, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Saat ini, Rudi Rastiono menjabat sebagai Direktur Utama PT BPR Gamping Artha Raya Yogayakarta. Sedangkan, Ashari, adalah warga Perum Legenda Wisata Cibubur, Bogor, Jawa Barat. Ashari, saat ini masih tercatat sebagai PT BPR Tapeunadana Depok, Jawa Barat.

    Keduanya langsung diuji kelayakannya oleh pemilik saham BUMD tersebut. Yakni Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, Wakil Bupati Yazid Mahfudz. Yang didampingi oleh Plt Sekda Mahmud Fauzi, Asisten 2 Sekda Tri Haryono, Kabag Perekonomian Wahyu Siswanti. Kemudian, Plt Kepala Bapenda Aden Andri Susilo, dan Kabag Hukum Setda Kebumen Amin Rahmanurasjid. Selain itu, juga melibatkan tim independen.

    Kedua orang itu lolos seleksi, setelah dibuka lowongan Direktut Utama PD BPR Bank Kebumen, sejak 11 Juni hingga 4 Juli 2017 lalu. Ada 11 orang melamar menjadi calon direktur utama perusahaan daerah itu. Namun, panitia seleksi memutuskan 10 pendaftaran dinyatakan memenuhi syarat dan lolos seleksi selanjutnya.

    Akan tetapi, dari jumlah itu hanya tujuh orang hadir mengikuti seleksi tahap dua. Sehingga tiga orang dinyatakan langsung gugur. Sebanyak tujuh orang seleksi pada tahap kedua pada 15 Juli 2017. Yaitu tes kompetensi, tes psikologi dan presentasi business plan. Hingga akhirnya tim seleksi meloloskan Rudi Rastiono dan Ashari ke tahap wawancara langsung dengan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad.

    Wahyu menjelaskan, seleksi itu dilakukan menyusul pada rekruitmen pada Januari lalu tidak peserta yang lolos menjadi Dirut BUMD milik Pemkab Kebumen. Sehingga pihaknya terpaksa harus merekrut ulang.

    Wahyu Siswanti menjelaskan, setelah mengikuti seleksi wawancara akan dua orang tersebut,di ajukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK ). Disana mereka juga akan mengikuti uji kelayakan lagi," kata Wahyu Siswanti.

    Peserta yang dinilai paling memenuhi syarat oleh OJK itulah yang nantinya akan dipilih menjadi direktur utama di PD BPR Bank Kebumen, untuk masa jabatan empat tahun kedepan. Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan seleksi dilakukan secara transparan dan bersih dari kolusi dan nepotisme. Diharapkan kualifikasi yang terpilih nanti, selain lolos tahapan seleksi juga mempunyai integritas, kompetensi, dan memiliki reputasi keuangan yang baik.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top