• Berita Terkini

    Wednesday, August 30, 2017

    Dinkes Kebumen Gelar Jambore Kader Posyandu

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Untuk meningkatkan kapasitas Kader Posyandu, Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen menggelar Jambore Kader Posyandu di Hotel Candisari Karanganyar, Rabu (30/8/2017). Acara tersebut diikuti oleh perwakilan kader Posyandu dari 35 Puskesmas yang ada di Kabupaten Kebumen.

    Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kebumen, Kusbiantoro, mengatakan masing-masing Puskesmas mengirimkan lima orang kader untuk mengikuti kegiatan tersebut. Para kader yang diikutkan merupakan kader pilihan yang bisa menularkan ilmu yang didapat dari kegiatan itu kepada kader lainnya.

    "Ini untuk meningkatkan kapasitas mereka. Sehingga diharapkan setelah kegiatan ini para kader meningkatkan pelayanan di Posyandunya masing-masing," kata Kusbiantoro, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela acara, kemarin.

    Kusbiantoro, menjelaskan Jambore Kader Posyandu, kegiatannya seperti pada kegiatan wide game pramuka. Yakni dibagi ke dalam empat pos, yang setiap posnya setiap grup akan diuji pengetahuannya tentang posyandu. Pos I tentang Yel-yela kesehatan, Pos II tentang uji wawasan Posyandu, Pos III tentang uji ketrampilan alat peraga dan Pos IV tentang penyuluhan kesehatan.

    Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, itu dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Y Rini Kristiani, serja sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemkab Kebumen.

    Dalam sambutannya, Yazid Mahfudz, menyampaikan Posyandu memiliki peran dan fungsi yang besar. Posyandu bukan hanya sekedar untuk tempat menimbang bayi. "Namun, bisa dimaksimalkan lagi kebermanfaatannya,"  ungakp Yazid Mahfudz.

    Posyandu dan para kader, lanjutnya, diminta terus bersemangat dan dapat lebih mengoptimalkan pemberian layanan dasar kesehatan bagi masyarakat. Pihaknya percaya, Posyandu dapat menjadi Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang berkualitas.

    "Karena buktinya hingga kini Posyandu tetap ramai dan warga antusias di Posyandu," tandasnya.(ori

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top