• Berita Terkini

    Thursday, August 31, 2017

    Demi Keterbukaan, Lelang Jabatan Kebumen Diminta Gandeng Media Massa

    fotosudarnoahmad/dok/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sejumlah pihak menyambut baik kebijakan lelang jabatan yang tengah dilakukan Pemkab Kebumen. Hal itu dinilai sebagai upaya tepat  mencari sosok-sosok pejabat kompeten sekaligus amanah dalam mengemban jabatan. Sekaligus menghindari praktek Kolusi dan nepotisme pada prosesnya.

    Namun yang tidak kalah penting, menurut Pengamat Kebijakan Publik Kabupaten Kebumen, Dr Drs M Khambali SH MH, seleksi ini semestinya dilakukan secara terbuka, transparan dan benar-benar melibatkan publik dalam proses pengawasan. “Setelah calon peserta lelang jabatan dinyatakan lulus seleksi administrasi, seharusnya dipublikasikan melalui media massa untuk proses uji publik. "

    "Ini agar publik dapat memberikan penilaian atau masukan. Publik perlu diberi tenggang waktu yang cukup untuk memberikan masukan kepada Panitia seleksi (Pansel). Hal itu dimaksudkan agar Pansel tidak memilih kucing dalam karung yang bisa berakibat mendapatkan kucing berkarung-karung,” ujar Khambali.

    Harapan serupa dikemukakan pemerhati kebijakan Kabupaten Kebumen, Nuryadi Wulantoro. Apalagi, menurut dia, lelang jabatan menurut penilaian KASN (Komisi Aparatur sipil Negara) tak menjamin bersih dari KKN.

    Ada celah yang memungkinkan kolusi terjadi. Kebumen yang baru pertama kali menyelenggarakan lelang jabatan tim seleksi yang terbentukpun dinilai Nuryadi tidak independen karena 3 anggotanya berada dalam lingkaran birokrasi sementara dua dosen dari Unsoed sangat meragukan mengingat kasus korupsi yang pernah  menjerat Unsoed.

    "Apakah dua dosen itu termasuk whistle bower atas kasus itu ? Meskipun secara akademis mereka kompeten untuk jadi tim seleksi," kata dia.

    Belum lagi, dikatakan Nuryadi, ada pejabat yang lolos seleksi awal memiliki latar belakang masalah dengan masyarakat yang pro lingkungan. Ada kecurigaan calon yang pro investor ini memang sengaja di pasang demi kepentingan pihak-pihak tertentu. "Sementara calon lain tidak becus mengurusi distribusi gas 3 kg sehingga masyarakat sering kesulitan mendapatkannya," kata dia.

    "Saya harap seleksi para pejabat disiarkan langsung Ratih Tivi (Stasiun televisi Pemkab Kebumen), agar masyarakat tahu visi misi serta target kerja yang akan dilakukan," katanya.

    Seperti diberitakan, Pemkab Kebumen tengah melakukan lelang jabatan Pemkab Kebumen akhirnya akan melakukan tahapan lelang jabatan pimpinan tinggi pratama setingkat eselon 2. Lelang jabatan secara terbuka ini untuk mengisi kekosongan empat jabatan eselon 2B.

    Masing-masing Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika, Kepala Satpol PP, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kebumen. Serta ditambah Direktur RSUD Kebumen.

    Adapun tahapannnya, Pendaftaran 7-23 Agustus 2017 mendatang. Kemudian, seleksi administrasi pada 24 Agustus 2017,  pengumuman hasil seleksi administrasi 25 Agustus 2017. Uji kompetensi 28-30 Agustus 2017, pengumuman hasil uji kompetensi 31 Agustus 2017. Uji gagasan (penyampaian visi, misi dan program kerja) 4–6 September 2017. Pengumuman hasil uji gagasan 7 September 2017.(cah/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top