• Berita Terkini

    Tuesday, August 29, 2017

    1.863 KK di Mirit Cairkan Bantuan PKH Non Tunai

    sudarno Ahmad/Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 1.863 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Mirit mencairkan dana bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH), kemarin. KPM yang sudah mencairkan bantuan dari pemerintah pusat di Pendopo Kecamatan Mirit itu berasal dari 22 yang ada di kecamatan paling tenggara di Kabupaten Kebumen.

    Sekretaris Camat Mirit, Sunarko, mengatakan jumlah KPM dari Kecamatan Mirit sebanyak 1.863 keluarga yang berasal dari 22 desa.
    Para penerima manfaat ini mendapat bantuan sebesar Rp 500 ribu.

    "Total bantuan untuk KPM di Kecamatan Mirit mencapai Rp 2,7 miliar," kata Sunarko, disela-sela penyaluran bantuan dari pemerintah pusat.

    Sunarko menjelaskan, penyaluran bantuan itu melibatkan BNI Cabang Pembantu Prembub, yang membuka delapan teller.

    "Masih ada beberapa pemilik KPM yang belum bisa mencairkan. Dikarenakan ada persyaratan yang belum terpenuhi sehingga untuk pencairan selanjutnya melalui teller BNI capem Prembun dengan melengkapi persyaratan," ujarnya.

    PKH mensyaratkan setiap KPM melaksanakan kewajiban KPM. Diantaranya, menyekolahkan anaknya, memelihara kesehatan dan meningkatkan produktivitas keluarga. "Syarat tersebut harus dipenuhi untuk keberlangsungan  penerimaan bansos PKH," ujarnya.

    Sementara itu, jumlah total penerima bantuan ini di Kabupaten Kebumen mencapai 48.311 penerima dengan total nominal Rp 91 miliar.

    Meski belum semua KPM di Kabupaten Kebumen dapat mencairkan bantuan,
    Dinas Sosial dan PPKB menargetkan pada tahun 2017 ini semua KPM akan menerima bantuan sosial non tunai tersebut.

    "Sehingga KPM akan menerima buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu ATM," terang Kepala Dinas Sosial dan PPKB HA Dwi Budi Satrio. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top