• Berita Terkini

    Monday, July 31, 2017

    Tempat Ibadah di Kebumen Dikucuri Rp 1,6 Miliar

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen mengalokasikan anggarkan sebesar Rp 1,6 miliar lebih untuk bantuan dana hibah tempat ibadah pada tahap I tahun 2017. Bantuan tersebut diberikan kepada 51 tempat ibadah dan lembaga pendidikan agama yang ada di Kabupaten Kebumen.

    Besaran dana hibah yang diterima tempat ibadah sebesar Rp 25 juta untuk masjid, Rp 15 juta untuk musholla, dan 15 juta untuk TPQ. Adapun jumlah masjid yang menerima bantuan dari APBD itu sebanyak 37 masjid, 6 musholla dan 7 TPQ.

    "Bantuan hibah untuk tempat ibadah tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan sebuah tempat yang kondusif dan memadai sehingga dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan peribadatan," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Kebumen, Wahib Tamam, pada acara Sosialisasi Belanja Hibah kepada Lembaga Keagamaan di Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2017. Acara tersebut diselenggarakan di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Bupati Kebumen, Senin (31/7/2017).

    Selain itu, tahun ini Pemkab Kebumen juga memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp 500 juta untuk Masjid Al-Mansyur di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit. Sedangkan, Masji Attaubah di Rumah Tahanan (Rutan) Kebumen menerima dana hibah sebesar Rp 50 juta.

    Ia menjelaskan, terkait dengan bantuan untuk Masjid Al-Mansyur yang jauh lebih besar karena berada di jalan nasional. Hal itu sesuai dengan program Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, yang akan membangun masjid di sepanjang jalan besar dengan nilai Rp 2,5 miliar, setiap tahunnya selama menjabat bupati.

    "Tetapi setelah kita survei ternyata untuk pengembangan masjid itu hanya senilai Rp 500 juta," imbuhnya.

    Sementara tekait dengan bantuan untuk Masjid Attaubah Rutan Kebumen, Wahib beralasan, masjid di dalam Rutan mendesak diperluas. Sedangkan pihak Rutan tidak memiliki anggaran untuk membangunnya. "Sementara ini urunan pegawai Rutan. Kita bantu melalui APBD Rp 50 juta," bebernya.

    Sosialiasisasi yang dibuka oleh Wakil Bupati Yazid Mahfudz, dihadiri oleh anggota DPRD Kebumen Supriyati, serta sejumlah lainnya di jajaran Pemkab Kebumen.

    Wakil Bupati Yazid Mahfudz, dalam sambutannya menyampaikan, Pemkab Kebumen memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan bidang keagamaan. Diantaranya dengan memberikan bantuan pembangunan atau rehab tempat ibadah dan tempat pendidikan agama.

    "Kegiatan ini sesuai dengan Visi Mewujudkan Kebumen yang Sejahtera dan Agamis. Visi kita sudah jelas, tujuan dan target pun harus jelas. Target yang besar harus diimbangi kinerja yang besar," kata Yazid Mahfudz, dalam sambutannya.

    Wakil bupati berharap, agar tempat ibadah, pondok pesantren dan MTQ atau Madin difungsikan secara baik. Memfungsikan tempat ibadah secara optimal memang tidaklah mudah." Namun demikian, bagaimanapun sulitnya harus diupayakan bersama. Karenanya, manfaatkan bantuan dengan baik sebagaimana mestinya," tegasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top