• Berita Terkini

    Wednesday, July 19, 2017

    Siswa SMK Negeri 1 Ambal Bersih-bersih Pantai

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sedikitnya 720 siswa SMK Negeri 1 Ambal melaksanakan bersih Pantai Ambal, Rabu (19/7). Acara bakti sosial bersih lingkungan pantai itu, dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Adapun PLS Sendiri dilaksanakan tiga hari yakni 17 hingga 19 Juli 2017.

    Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah diperuntukkan bagi para siswa baru SMK Negeri 1 Ambal tahun ajaran 2017-2018. Adapun jumlah siswa baru sekolah yang mempunyai tiga jurusan itu, mencapai 360. DI SMK Negeri 1 Ambal, para siswa dapat memilih Jurusan Otomotif, Tata Niaga maupun Tata Boga.

    Dalam kegiatan tersebut, para siswa dengan antusias memungut setiap sampah yang ditemui di Pantai Ambal. Pasca liburan kemarin, kondisi Pantai Ambal memang dipenuhi sampah, mulai dari plastik, daun, kertas, kayu dan lain sebagainya. Pantai tampak kotor dan terkesan memprihatinkan.

    Beruntungnya para siswa SMK Negeri 1 Ambal mau melaksanakan bersih pantai. “Kegiatan ini untuk melatih para siswa agar peka dan mau peduli dengan lingkungan sekitar. Baik itu peduli kepada manusia maupun kepada alam,” tutur Kepala SMK Negeri 1 Ambal Drs Muhammad Dahsyad melalui Humas PLS Sunardi SPd.

    Dijelaskannya, beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada program PLS meliputi pengenalan sarana dan prasarana, kedisiplinan dan pembentukan karakter, pengenalan laboratorium, dialog dan bakti sosial. “Untuk bersih pantai diikuti oleh siswa kelas X dan XI,” terangnya.

    Menurutnya, setelah mengikuti kegiatan PLS maka para siswa telah siap untuk mengikuti pelajaran yang ada. Kegiatan bersih pantai, juga dilaksanakan dalam rangka mengenalkan satu siswa dengan siswa lainnya. Kegiatan tersebut menjadi media untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dan meningkatkan jiwa gotong-royong.

    "Kesadaran akan lingkungan, akan menciptakan rasa handarbeni atau rasa memiliki. Jika rasa memiliki telah muncul maka akan muncul rasa untuk menjaga. Jika telah demikian maka itulah kepedulian,” paparnya.

    Pihaknya menambahkan, kebersihan menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Bahkan bersih menjadi kata pertama dalam selogan Kabupaten Kebumen yakni Beriman. Dengan membiasakan hidup bersih maka akan sangat berguna bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan. “Bersih secara jasmani membuat sehat, sedangkan jiwa yang bersih akan membuat hidup yang baik dan tertata,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top