• Berita Terkini

    Jumat, 28 Juli 2017

    Sepuluh Perajin Kompor Ikut Program Magang di Purbalingga

    istimewa
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, memberangkatkan sepuluh pelakukan Industri Kecil Menengah (IKM) mengikuti program magang logam ke UD Vanvolker Enterprise Purbalingga. Mereka diberangkatkan oleh Kepala Disperindag Nugroho Tri Waluyo, kemarin.

    Sepuluh pelaku IKM yang mengikuti program magang itu, yakni berasal dari Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Desa Widoro Kecaatan Karangsambung, serta Desa Mrinen Kecamatan Kutowinangun. Mereka akan mengikuti magang hingga 29 Juli mendatang.

    Di UD Vanvolker Enterprise, Desa Patemon RT 01 RW 07 Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, mereka akan diajari cara pembuatan komponen otomotif berupa knalpot.

    "Saya minta peserta magang agar benar-benar memanfaatkan waktunya dengan baik. Ikuti, cermati dan pahami semua rangkaian kegiatan magang. sehingga dapat meningkatkan kemampuan para peserta dalam hal pembuatan komponen otomotif khususnya knalpot," pinta Kepala Disperindag, Nugroho Tri Waluyo, didampingi Sekretaris Disperindag Drajat Triwibowo.

    Menurutnya, meski pembuatan knalpot mobil cukup rumit, namun dengan didasari kemampuan selaku pengrajin kompor minyak. Para peserta magang diharapkan lebih mudah memahaminya. "Setelah selesai magang, ketrampilan yang diperoleh agar diimplementasikan," ujarnya.

    Lebih jauh, melalui kegiatan magang para peserta diharapkan semakin dapat ditumbuhkan jiwa kreatifitas serta semangat sebagai pengrajin yang menggunakan logam sebagai bahan bakunya. Sehingga bisa meningkatkan produksinya, yang semula memproduksi kompor minyak beralih ke knalpot.

    "Dengan demikian, produk-produk yang dihasilkan mudah diterima oleh pasar, baik lokal maupun untuk tujuan ekspor," imbuhnya.

    Apalagi, UD Vanvolker Enterprise Purbalingga sebagai tempat magang telah bekerjasama dengan perusahaan otomotif kenamaan, seperti Toyota dan Mercedes Benz. "Jika memungkinkan menjalin kerjasama dengan UD Vanvolker Enterprise Purbalingga untuk membantu memasarkan hasil produksinya," pungkasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top