• Berita Terkini

    Monday, July 31, 2017

    Resmi di 6 Karesidenan Jateng, Genpi Dukung Promosi Wisata Online

     Erwin abdillah/wonosobo ekspres
    WONOSOBO – Para relawan promosi wisata yang bergerak secara online dalam Komunitas Generasi Pesona Indonesia atau GenPi yang sudah dibentuk di berbagai provinsi, termasuk di Jawa Tengah kini mendeklarasikan kehadirannya di 6 karesidenan Jawa Tengah. Lewat agenda akbar Borobudur International Festival (BIF), Kemarin Malam (29/7) di halaman komplek Candi Borobudur puluhan perwakilan dari belasan kabupaten/kota maju mewakili daerahnya.

    GenPi sendiri awalnya digawangi staf khusus kementerian Pariwisata dan kini menjadi bagian dari kampanye wisata nasional. Bahkan pada deklarasi tersebut, Genpi Jateng telah memiliki jaringan di seluruh Kabupaten/Kota se-Jateng di ke-6 karesidenan. Menurut koordinator Genpi Jateng, Shafigh Pahlevi Lontoh, era digital promosi wisata daerah menjadikan GenPi sebuah keniscayaan.

    Terlebih  peranan GenPi yang menggarap sisi Sosial-Media dan mendorong trending Topik baik di pencarian hingga di sosmed dianggap sangat krusial.

    “GenPi diawali dari Hashtag (tagar) di Sosmed dan awalnya dari Twitter yang diharapkan bisa menjadi Trending Topic (TT). Tujuan utamanya adalah untuk amplifikasi kekuatan wisata Indonesia ke seluruh dunia lewat trending topic itu.

    Deklarasi di BIF ini juga bagian dari mengenalkan GenPi Jateng ke Masyarakat, yang nantinay memviral-kan obyek wisata baik seni, budaya, maupun alam dari daerahnya masing-masing ke seluruh dunia,” ungkap Shafigh yang juga aktif di Hipmi Jateng itu.


    Dalam deklarasi tersebut, Stafsus Menpar Bidang Komunikasi Don Kardono yang juga membuka malam pentas BIF mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam mempopulerkan wisata di daerah masing-masing. Terlebih even BIF yang digelar empat tahunan menjadi ajang etalase bagi tiap daerah di Indonesia hingga berbagai Negara untuk tampil.

    Genpi Jateng juga diharapkan Don bisa menjadi penggerak di sisi sosial media yang kini menempati urutan teratas aplikasi yang digunakan masyarakat.

    Selain dipilih koordinator per-Karesidenan, para koordinator Kabupaten juga ditunjuk untuk mengangkat wisata daerahnya masing-masing. Wening Tyas Suminar, salah satu penggerak komunitas online MbakYu Blogger ditunjuk untuk mewakili GenPi Wonosobo.  menurutnya, event GenPi sendiri ternyata sudah diadakan jauh sebelum GenPi Jateng resmi dideklarasikan. Di Wonosobo Sendiri saat ada insiden Kawah Sileri, GenPi juga telah mengangkat tagar PesonaDiengNormal dan DiengAman.


    “Sebelum deklarasi, sudah banyak lomba online seperti foto Instagram harian saat bulan puasa lalu. Bahkan Genpi ikut meramaikan agenda festival Kopi Wonosobo dengan lomba foto Aktifitas Kopi. Harapannya, seperti yang disampaikan rekan-rekan se-Jateng, Genpi tidak hanya menjadi Kerumunan atau gerakan tapi terorganisir dengan baik dan berpartner dengan pemerintah(Dinas Pariwisata) untuk memajukan Wisata, khususnya lewat Trending Topic di Sosmed. GenPi sesuai slogannya yakni ‘gas’ siap untuk nge-gas potensi wisata,”pungkasnya. (win)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top