• Berita Terkini

    Wednesday, July 19, 2017

    Penyu di Pantai Tegalretno Berjenis Lekang

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Sri Pambudi menyampaikan tukik atau anak penyu yang menetas dan baru saja dilepaskan di kawasan Pantai Tegalretno, Petanahan,  Rabu (19/7/2017), merupakan jenis lekang.

    "Anak penyu yang dilepas itu penyu jenis lekang atau penyu Abu-abu (lepidochelis olivaceae). Penyu jenis ini keberadaannya sudah mulai langka.  Kita patut bersyukur Karena biota laut seperti penyu masih mau mendarat dan bertelur di wilayah Pesisir Kebumen," kata Sri Pambudi, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela melepas penyu, Rabu (19/7/2017).

    Menurutnya, dengan adanya penyu yang masih mau mendarat dan bertelur di Pesisir Kebumen menandakan wilayah pesisir selatan itu masih dalam kondisi baik. "Karena secara naluri penyu akan mencari tempat bertelur yang aman dan kondusif untuk menetaskan telurnya," ujarnya.

    Lebih jauh, pelepasan anak penyu itu juga sebagai upaya pelestarian penyu melalui kegiatan Pengembangan Pesisir Tangguh (PKPT) dengan bentuk penyuluhan dan pembangunan rumah penangkaran penyu di Desa Jogisimo. "Kita juga terus mensosialisasikan tentang larangan penangkapan penyu dan pngambilan telur penyu," tegasnya.

    Kabid Perikanan Tangkap Dislutkan Mochammad Ashari, meminta warga untuk bersama-sama menjaga keamanan penyu pada saat mendarat di wilayah pesisir itu. Selain itu, juga diminta mengamankan telurnya dari gangguan apapun sehingga telur bisa aman sampai menetas.

    Sementara itu, Kepala Desa Tegalretno, Supriyanto, menjelaskan awalnya telur penyu yang ditemukan warga ada 100 butir. Setelah 47 hari diketahui sudah menetas, dan sebagian tukik sudah keluar dari sarangnya lari ke laut. "Yang menetas itu sampai 80 persen. Setelah telur menetas, beberapa tukik langsung lari ke laut lepas. Selebihnya kita amankan sebelum akhirnya dilepas seluruhnya pada hari ini," terangnya.

    Supriyanto berharap, kedepannya akan lebih banyak lagi penyu yang bertelur di Pantai Tegalretno, sehingga menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

    Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Kebumen bersama Pemerintah Desa Tegalreno, Kecamatan Petanahan, melepas tukik atau anak penyu yang baru menetas ke lautan bebas. Pelepasan itu dilakukan di Pantai Tegalretno, Rabu (19/7) pagi.

    Pelepasan yang dipimpin oleh Sekretaris Dislutkan Sri Pambudi, juga melibatkan Dinas Perkim LH Kebumen. Hadir Kabid Perikanan Tangkap Dislutkan Mochammad Ashari, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Perkim LH Ifah Ismatul Banat, Kepala Desa Tegalretno Supriyanto dan para mahasiswa KKN IAIN Purwokerto.
    (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top