• Berita Terkini

    Thursday, July 20, 2017

    Kontingen Jumbara PMR Kebumen Ditarget Masuk 5 Besar

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kontingen Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Kebumen ditarget akan masuk lima besar pada ajang Jumbara tingkat Jawa Tengah, yang digelar di Kabupaten Pati, pada 22-27 Juli mendatang.

    Hal itu dikatakan Ketua Kontingen Jumbara PMR Kebumen, Salim Wazdy, pada acara Pelepasan Tim Jumbara dan Temu Relawan tingkat Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (20/7/2017).

    Salim Wazdy mengatakan, target tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, pihaknya telah mempersiapkan sejak Februari lalu, yang diawali dengan melakukan seleksi calon peserta tingkat kabupaten.

    Setelah itu, peserta yang dinyatakan lolos pemusatan latihan selama tiga kali. Belum lagi setiap minggunya ada upaya peningkatan kapasitas. "Proses kita sangat serius. Insya Allah kalau sepuluh besar bisa tercapai. Tapi target kita masuk 5 besar," kata Salim Wazdy.

    Ia mengungkapkan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan itu sebanyak 70 orang. Dengan rincian 60 rang tim inti, terdiri 12 anak dari PMR Mula (setingkat SD), 12 anak PMR Madya (SMP) dan SMP Wira (SMA). Selain itu jumlah pendamping bersama KSR yang mengikuti acara itu sebanyak 10 orang.

    Secara resmi Kontingen Jumbara Kebumen dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan Ahmad Ujang Sugiyono. Dalam sambutannya, Ahmad Ujang Sugiyono, menyampaikan apresiasinya atas partisipasi Kontingen PMI Kebumen dalam kegiatan Jumbara  dan Temu Relawan tingkat Jawa Tengah tersebut. "Forum itu penting dan strategis karena bagian dari wadah pembinaan kader Palang Merah Remaja kita," tegasnya.

    Menurutnya, kader PMR merupakan orang-orang yang dipilih dan dipersiapkan untuk tugas khusus. Yang nantinya menjadi motor penggerak PMR Kabupaten Kebumen. Even tersebut juga untuk membentuk pribadi generasi penerus bangsa melalui kegiatan yang bersifat kemanusiaan, kemandirian, edukatif, leadership, dan kreatif.

    "Saya berharap melalui ajang Jumbara yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali para pelajar anggota PMR madya dan wira bisa meingkatkan kemampuan manajemen dan SDM yang kelak bisa diabdikan kepada masyarakat," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top