• Berita Terkini

    Thursday, July 27, 2017

    Kenalkan Sejarah Kebumen, Dinas Pendidikan Gelar Festival Ketoprak

    Sudarno Ahmad/Ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak tujuh peserta mengikuti Festival Ketoprak yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen di Alun-alun Kebumen, Kamis (27/7). Festival Ketoprak yang baru pertama kali digelar itu dikhususkan untuk pelajar SMP di Kabupaten Kebumen.

    Sayangnya, acara yang dibuka oleh Kepala Bidang PAUD Dikmas dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Aminah, itu masih minim peserta.

    Padahal, panitia menyedikan hadiah cukup besar. Yaitu hadiah uang tunai sebesar Rp 3,5 juta untuk juara I, Rp 3 juta untuk juara II dan Rp 2,5 juta untuk juara III. Kemudian, harapan I menerima uang pembinaan sebesar Rp 2 juta, harapan II Rp 1,5 juta dan harapan III Rp 1 juta.

    "Kita juga memberikan apresiasi kepada pemain terbaik putra dan putri serta sutrada terbaik dengan uang pembinaan masing-masing Rp 500 ribu," kata Pantia Festival, Eko Haryono, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela acara, kemarin.

    Eko menjelaskan, acara Festival Ketoprak itu merupakan dari seksi kebudayaan bidang PAUD Dikmas dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dalam hal pengembangan kesenian dan kebudayaan daerah. "Intinya, melalui kegiatan ini untuk mengapresiasi seni tradisi yang berkembang di Kabupaten Kebumen," ujarnya.

    Lebih jauh, Eko mengatakan, setiap perwakilan sekolah diberi waktu maksimal 1,5 jam untuk mementaskan ketoprak dengan lakon yang berhubungan babad, legenda maupun sejarah tentang Kebumen. "Jadi ini juga sekaligus untuk mengenalkan cerita-cerita rakyat Kebumen maupun sejarah Kebumen kepada mereka," imbuhnya.

    Adapun penilaian yang diberikan, diantaranya penyajian, penghayatan mupun penjiawaan hingga kostum. Sedangkan jurinya berasal dari Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen dan pemain ketoprak profesional.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top