• Berita Terkini

    Jumat, 28 Juli 2017

    Enam Desa Miliki Lebih dari Lima Bakal Calon Kades

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pelaksanaan Pilkades serentak di 49 desa yang ada di Kabupaten Kebumen diprediksi bakal digelar sesuai jadwal. Pasalnya, semua desa yang akan melangsungkan Pilkades telah memiliki bakal calon.

    Bahkan, terdapat sejumlah desa terdapat bakal calon yang lebih dari lima orang. Padahal jumlah calon dibatasi maksimal hanya lima orang.

    Pada pendaftaran bakal calon kepala desa yang dimulai pada 6-18 Juli 2017 lalu, terdapat enam desa memiliki bakal calon kades lebih dari lima. Yakni Desa Ayamputih Kecamatan Buluspesantren 9 orang, Semanding Kecamatan Gombong sebanyak 8 orang.

    Kemudian, Desa Jatisari Kecamatan Kebumen sebanyak 8 orang, Desa Tanjungmeru dan Desa Kutowinangun Kecamatan Kutowinangun masing-masing 9 bakal calon. Serta Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor sebanyak 8 bakal calon.

    Sedangkan, desa dengan jumlah bakal calon kades lima orang sebanyak 4 desa, empat bakal calon 7 desa, tiga bakal calon 16 desa dan dua bakal calon 15 desa.

    "Semuanya akan diseleksi dan panitia Pilkades akan menetapkan maksima lima calon yang dapat menjadi peserta Pilkades," kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kebumen, Asep Nurdiana, kepada Kebumen Ekspres.

    Seuai tahapan Pilkades di Kebumen, Panitia Pilkades dimasing-masing desa akan menetapkan calon pada 10-15 Agustus 2017.  Setelah itu ada masa kampanye dilakukan pada 30 Agustus sampapi 4 September 2017. Selanjutnya, pemungutan suara dan penetapan kades terpilih dilaksanakan pada 6 September 2017. Sedangkan, pelantikan kepala desa terpilih oleh Bupati Kebumen pada 30 November 2017.

    Asep bersyukur dari 49 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades semuanya ada yang mendaftar menjadi bakal calon Kades. Sehingga tahapannya berjalan sesuai dengan rencana. "Alhamdulillah bisa berjalan sesuai tahapannya, saya berharap ini akan lancar sampai pelantikan," imbuhnya. (ori)

    Desa dengan Jumlah Bakal Calon Lebih dari Lima:

    Desa Kecamatan Jumlah Bakal Calon
    Ayamputih Buluspesantren 9
    Semanding Gombong 8
    Jatisari Kebumen 8
    Tanjungmeru Kutowinangun 9
    Kutowinangun Kutowinangun 9
    Bejiruyung Sempor 8

    Sumber: Bagian Pemerintahan Setda Kebumen.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top