• Berita Terkini

    Kamis, 27 Juli 2017

    Di Tengah Sorotan, RSUD Dr Soedirman Peringkat Teratas Layanan Publik 2016

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ditengah masih banyaknya keluhan masyarakat terhadap pelayanan RSUD Dr Soedirman Kebumen, ternyata rumah sakit ini menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik dalam pelayanan publik di lingkungan Pemkab Kebumen. Bahkan berdasarkan survei, tingkat kepuasan masyarakat mencapai 96,15 persen.

    Hal itu berdasarkan rekapitulasi survei kepuasan masyarakat terhadap layanan yang telah diberikan selama tahun 2016.

    Diposisi kedua, diduduki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dengan skor 71,15 disusul Dinas Kelautan dan Perikanan yang memperoleh skor 63,46. Selanjutnya, Dinas Perhubungan 47,53, dan Dinas Tenaga Kerja dan KUKM 44,34.

    Kepala Bagian Organisasi Setda Kebumen, Yani Giat Setyawan, mengatakan survei yang dilakukan di masing-masing OPD itu oleh tim internal Pemkab Kebumen.

    "Jadi kita belum melakukan survei secara kualitatif. Baru sebatas syarat administrasi yang harus dipenuhi dalam hal pelayaan publik," kata Yani Giat Setyawan, kepada Kebumen Ekspres, Rabu (26/7/2017).

    Beberapa item yang menjadi dasar penilaian dalam survei, diantaranya standar pelayanan yang dimiliki, sistem informasi, penanganan aduan, maklumat pelayanan. "Kita sudah laksanakan selama tiga tahun ini. Tapi belum bisa melakukan secara menyeluruh karena tenaganya terbatas. Intinya kami hanya menguji dari sisi administrasinya saja," ujarnya.

    Ia mengungkapkan, setiap tahunnya standar penilaiannya selalu ditingkat. Jika pada 2015 lalu, penilaian baru didasarkan pada ketersediaan dokumen pendukung. Maka pada 2016 ditingkat, sampai tindaklanjut dari dokumen pendukung tersebut. "Ke depannya akan kita evaluasi, akan kita libatkan pihak eksternal untuk mengetahui secara kualitatif layanannya," tegasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top