• Berita Terkini

    Sunday, July 30, 2017

    Anggota Pramuka Kebumen Bedah Rumah Mbah Marwan

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Selain aktif  pada kegiatan gerakan kepramukaan, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kebumen juga giat dalam melaksanakan bakti sosial. Bahkan total dana bumbung kemanusiaan mencapai Rp 104 juta yang kemudian dipergunakan untuk melaksanakan bedah rumah milik Marwan.

    Marwan merupakan seorang kakek berumur 74 tahun warga Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan yang hidup sorang diri. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Ketua Harian Kwarcab Kebumen H Ahmad Ujang Sugiyono SH dan diterima langsung oleh Mbah Marwan, Sabtu (29/7/2017).

    Penyerahan bantuan secara simbolis itu,  juga disaksikan oleh  warga masyarakat setempat. turut menyaksikan pula Andalan Cabang, Kepala Puadiklatcab, Ketua Ranting dan Siswa SMPN 1 Petanahan dan Mahasiswa KKN dari UIN Purwokerto.

    Dalam kesempatan itu, Sekretaris Kwarcab Kebumen Edy Sukamsi mengatakan total anggaran yang dialokasikan yakni sebesar Rp 5.713.000.  Dana tersebut bersumber dari bumbung kemanusiaan Kwarcab Kebumen. Adapun bumbung kemanusiaan bersumber dari sumbangan Pengurus Kwarcab dan partisipasi Kwarran. “Selain Bedah Rumah juga dilakukan penyerahan bantuan berupa uang tunai Rp 500 ribu, kasur, sembako, sarung kepada Mbah Marwan,” jelasnya.

    Edy menyampaikan selain bedah rumah, beberapa kegiatan sosial yang dilaksanakan Kwarcab Kebumen meliputi  bantuan kursi roda, kaca mata, kruk (alat bantu jalan), alat bantu dengar, dan lain sebagainya. Adanya kegiatan tersebut, juga merupakan dari bentuk pendidikan karakter dan implementasi Dasa Dharma Pramuka. “Dalam Dasa Dharma Pramuka mengandung kepedulian yang tinggi terhadap sesama, salah satunya yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” terangnya.

    Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH mengatakan bumbung kemanusiaan merupakan kegiatan sosial, yang menjadi bagian dari pendidikan nilai karakter yakni kepedulian, gotong royong, kasih sayang dan bhakti masyarakat.  Meski bedah  rumah oleh Kwarcab Kebumen baru kali pertama, namun diharapkan program ini dapat berkesinambungan dan ke depan akan terus dilaksanakan. “Setitik kegiatan berbagi ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan terus dilakukan secara berkesinambungan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top