• Berita Terkini

    Sunday, July 16, 2017

    14 Calon Panwas Kebumen Lolos Seleksi Tertulis

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 14 orang dinyatakan lolos seleksi tertulis calon Panwas Kebumen yang diselenggarakan di Hotel Candisari Karanganyar, Kamis (13/7). Peserta yang dinyatakan lulus didominasi oleh mantan Panwas sebelumnya.

    Yaitu, Paryanto (mantan Panwascam), Edi Prayitno, Susi Wida Rahayu, Nanang Widi Hartono (wartawan, mantan anggota KPU Kebumen), Agus Hasan Hidayat (mantan Panwaskab), Komper Wardopo (wartawan, mantan Panwas, Ketua PMI), Kasran (mantas Panwaskab). Kemudian, Supriyadi, Teguh Budi Santoso, Badruzzaman, Arif Supriyanto (mantan Panwaskab), Burhanudin Hadi Wardoyo, Maesaroh (mantan Panwas), dan Dwi Setyo Mulyono.

    Komisioner Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo, mengatakan sebanyak 38 orang asal Kebumen mendaftar menjadi calon Panwas. Namun, yang lolos seleksi administrasi sebanyak 34 orang. Kemudian setelah mengikuti seleksi tertulis 20 orang dinyatakan gugur. "14 orang dinyatakan lolos, nama-nama yang lolos bisa dilihat di www.bawaslu-jateng prov.go.id," kata Teguh Purnomo.

    Selanjutnya, peserta asal Kebumen yang dinyatakan lolos akan mengikuti tes wawancara di Hotel Grand Artos Magelang, pada Selasa (18/7/2017) besok. Sementara itu, tim seleksi calon Panwas 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah selesai mengoreksi tes tertulis para pendaftar. Dari 959 calon Panwas di Provinsi Jawa Tengah yang mengikuti tes tertulis, telah tersaring menjadi sebanyak 498 orang. Adapun sebanyak 461 pendaftar telah gugur karena tidak lolos tes tertulis.

    Dari 498 yang lolos tes tertulis terdiri dari 389 pendaftar berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 109 orang berjenis kelamin perempuan. Peserta yang lolos hasil seleksi tes tertulis berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya berupa tes wawancara. Tim seleksi akan melakukan wawancara kepada para calon Panwas tersebut secara bertahap.

    Seleksi tes wawancara akan dilakukan mulai Senin-Kamis (17-20 Juli 2017). Peserta tes dari Jawa Tengah utara akan mengikuti tes wawancara di Hotel Laras Asri Salatiga. Adapun untuk peserta tes dari Jawa Tengah bagian selatan bisa mengikuti tes wawancara di Hotel Grand Artos Magelang. "Setelah pelaksanaan tes wawancara selesai maka tim seleksi akan memilih enam orang di masing-masing kabupaten/kota," ujar Teguh Purnomo.

    Menurutnya, enam nama tersebut akan diserahkan kepada Bawaslu Jawa Tengah. Rencananya, Bawaslu Jawa Tengah akan melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) guna memilih tiga orang Panwas terpilih.

    Sebelumnya, tim seleksi membuka pendaftaran untuk Panwas 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Ada sebanyak 1.183 orang yang mendaftarkan diri. Mereka tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dari jumlah itu, tersaring sebanyak 1.047 yang lolos seleksi administrasi. Adapun sebanyak 136 pendaftar gugur karena tidak memenuhi syarat administrasi.

    Setelah itu, tim seleksi menggelar seleksi tes tertulis. Dari 1.047 peserta, yang hadir tes tertulis sebanyak 959. Adapun sebanyak 88 peserta tidak hadir. Setelah mengoreksi, dari 959 peserta yang ikut tes tertulis, sebanyak 498 orang yang lolos. Mereka inilah yang akan mengikuti seleksi tahap berikutnya berupa tes wawancara.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top