• Berita Terkini

    Tuesday, June 6, 2017

    PPDB SMA, Sekolah Negeri Prioritaskan Anak Guru

    ILUSTRASI
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri akan mulai dibuka pada Minggu (11/6) sampai Rabu (14/6). Penerimaan siswa tersebut dilakukan secara online (PPDB Online).

    Ada yang berbeda pada penerimaan tahun ini, lulusan SMP/MTs sederajat yang merupakan anak guru mendapat tambahan nilai saat mendaftar sebagai calon peserta didik baru di SMA Negeri.

    Hal itu berdasarkan Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri di Kebumen 2017/2018. Tambahan nilai bagi anak guru yang disebut dengan nilai kemaslahatan (NK) tersebut menjadi salah satu dari empat komponen penilaian bagi calon siswa baru.

    "Selain nilai UN SMP, untuk penilaian calon siswa baru juga memperhitungkan komponen lainnya. Diantaranya nilai kemaslahatan, nilai prestasi untuk akademik atau nonakademik, dan nilai lingkungan,” ujar Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Kebumen, Ahmad Makmur Santoso, kepada Kebumen Ekspres, Selasa (6/6/2017).

    Dia menyatakan terkait ketentuan baru PPDB SMAN 2017 yang diterbitkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Ahmad Makmur Santoso, menambahkan nilai kemaslahatan adalah nilai tambahan yang diberikan kepada calon peserta didik baru yang orang tuanya merupakan guru atau tenaga kependidikan. Dengan demikian, nilai tambahan bukan hanya diberikan kepada anak guru, melainkan juga tenaga kependidikan di sekolah dengan poin yang berbeda.

    Untuk anak guru SMA yang mendaftar di sekolah tempat orang tuanya mengajar, calon siswa baru tersebut mendapat nilai tambahan 2 poin. Sedangkan untuk anak guru yang mendaftar di sekolah yang bukan tempat orang tuanya mengajar, calon siswa baru mendapat tambahan 1 poin.

    Begitu pula untuk anak tenaga kependidikan yang bekerja di sekolah tujuan, calon siswa baru mendapatkan nilai tambahan 1 poin. Dia mencotohkan calon siswa baru tersebut merupakan anak karyawan sekolah terkait akan mendapat tambahan nilai 1 poin. "Tapi untuk tenaga kependidikan ini, tambahan nilai tersebut hanya berlaku jika siswa mendaftar di sekolah tempat orang tuanya bertugas," terang dia.

    Selain untuk anak guru, tambahan nilai juga diberikan kepada siswa berprestasi baik di bidang akademik maupun bidang nonakademik (seni dan olahraga). Tambahan nilai tersebut diberikan kepada siswa yang meraih juara I, juara II, dan juara III dalam kejuaraan mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat internasional dengan poin berbeda.

    Untuk prestasi bidang akademik, juara I, juara II, dan juara III kejuaraan tingkat internasional serta juara I dalam kejuaraan tingkat nasional, calon siswa bisa langsung diterima.

    Ada lagi nilai lingkungan, yaitu tambahan nilai yang diberikan kepada calon siswa baru yang tempat tinggalnya di lingkungan sekitar sekolah.Bagi calon peserta didik baru dari keluarga miskin yang tempat tinggalnya di sekitar sekolah mendapat nilai poin 3. Kemudian miskin dari luar rayon mendapat tambahan poin 2. Sedangkan, bagi yang tidak miskin mendapat tambahan poin 1.

    "Yang terbaru lagi dalam PPDB tahun ini, yakni calon peserta didik baru bisa mendaftar di dua sekolah berbeda. Namun, jurusannya harus sama," imbuhnya.

    Sementara itu, daya tampung SMA Negeri 1 Kebumen pada PPDB tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 384 siswa. Terdiri dari 9 rombongan belajar kelas IPA, 2 rombongan belajar kelas IPS dan 1 rombongan belajar kelas bahasa.

    "Pengumuman pendaftaran peserta didik baru akan dilakukan pada tanggal 19 Juni 2017," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top