• Berita Terkini

    Friday, June 2, 2017

    Peserta UN SMP di Magelang Lulus 100 %

    ILUSTRASIILUSTRASI
    MUNGKID - Tingkat kelulusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Magelang tahun 2017 ini mencapai 100 persen. Capaian tersebut diluar perkiraan, mengingat pelaksanaan UNBK yang diikuti oleh seluruh SMP baru dilaksanakan pertama kali ini.

    "Dari 32 kabupaten/kota di Jawa Tengah, baru lima daerah yang melaksanakan UNBK, salah satunya Kabupaten Magelang. Kita cukup bangga karena ternyata berhasil lulus 100 persen meski baru pertama kali ini melaksanakan," jelas Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Haryono, kemarin (2/6).

    Dia menambahkan, tidak hanya berhasil lulus 100 persen, ratusan siswa juga diketahui mampu mendapatkan nilai 100 pada beberapa mata pelajaran.
    "Ada sebanyak 407 anak dari keseluruhan peserta UNBK 16.799 anak, yang berhasil meraih nilai 100. Terdiri dari sebanyak 8 siswa di mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, Matematika  ada 378 siswa dan 21 siswa untuk mapel IPA," ungkapnya.

    Menurutnya, tahun ini terdapat sebanyak 210 SMP/MTs baik swasta maupun negeri yang seluruhnya mengikuti UNBK. SMP Negeri 1 Muntilan tercatat menduduki peringat pertama tingkat Kabupaten Magelang, kemudian SMP Negeri Salaman 1, dan ketiga SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan.

    Terkait dengan pengumuman kelulusan yang dilaksanakan kemarin, Haryono menghimbau kepada semua sekolah agar mengendalikan para siswa. Yakni dengan tidak mengekspresikan kelulusan melalui pesta dan arak-arakan atau konvoi di jalan.

    "Lebih baik diisi dengan kegiatan yang positif. Salah satunya dengan mengumpulkan baju siswa yang lulus untuk diberikan kepada siswa yang kurang mampu," katanya.

    Selain itu, kepada para siswa yang dinyatakan lulus, Haryono juga menghimbau agar mereka bisa melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Magelang saja.
    "Apalagi, kualitas SMA dan MA diwilayah ini, juga bagus dan tidak kalah dengan daerah lain,” tandasnya. (amb)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top