• Berita Terkini

    Wednesday, June 21, 2017

    Mulai 7 Juli, Tiket KA Naik

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pengguna kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan sedang bersubsidi harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam untuk membeli tiket. Sebab, terhitung mulai keberangkatan 7 Juli 2017, PT KAI melakukan penyesuaian tarif terhadap sejumlah kereta api ekonomi jarak jauh dan sedang bersubsidi.

    Di wilayah Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, termasuk di Kebumen, sedikitnya ada tujuh kereta api yang akan mengalami penyesuaian tarif.“Penyesuaian tarif tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa KA ekonomi bersubsidi,” ujar Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko
    dalam siaran persnya, Rabu (21/6).


    Ixfan menuturkan, penyesuaian tarif ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 42 tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Perhubungan PM 35 Tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).Disisi lain, ada sejumlah relasi kereta yang mengalami perpanjangan rute yakni KA Kahuripan dengan rute sebelumnya Kediri-Kiaracondong menjadi Blitar-Kiaracondong.

    “Masyarakat mulai dapat melakukan pembelian tiket KA-KA tersebut di atas pada 24 Juni 2017 di berbagai channel resmi penjualan tiket KA,” imbuhnya.

    Terkait arus mudik lebaran, Ixfan menuturkan jika PT KAI telah merilis beberapa kereta api tambahan ekstra dengan rangkaian kereta api premium untuk
    berbagai relasi.

    KA-KA tersebut di atas terdiri dari delapan unit kereta premium dengan kapasitas masing-masing 80 tempat duduk dan dua unit kereta premium untuk penumpang dengan keterbatasan fisik, berkapasitas 64 tempat duduk di tiap kereta, sehingga kapasitas dalam setiap satu kali perjalanan adalah 768 seat.

    Adapun fasilitas rangkaian kereta premium tersebut diantaranya tempat duduk yang sudah reclining, fasilitas TV di tiap kereta sebanyak 4 TV, interior kereta makan dengan desain mini bar dan fasilitas lainnya.

    “Ini demi untuk meningkatkan pelayanan dalam masa angkutan Lebaran2017,” ucapnya.

    Sama seperti sebelumnya, reservasi tiket bisa dilakukan melalui pembelian via online di website KAI, aplikasi KAI Access, situs penjual tiket yang telah bekerja sama, maupun channel-channel resmi lainnya. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top