• Berita Terkini

    Wednesday, June 28, 2017

    Menikmati Sate Ambal, Kuliner Legendaris Kebumen

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sate Ambal merupakan salah satu kuliner yang sudah telanjur identik dengan Kebumen. Tak lengkap rasanya datang ke Kebumen tanpa menikmati wisata kuliner ini. Kini, warung sate ambal pun semkin banyak dijumpai di sudut Kota Beriman.

    Dari sekian banyak tempat yang menyediakan sate ambal, warung Sate Ambal pak Alip ini bisa menjadi pilihan. Abdul Ghani (40) pemilik warung sate Pak Alip yang buka di Jalan Pahlawan barat Bank Mandiri Kebumen ini menyediakan sate ayam asli khas ambal. "Kita jualan sate dari dulu turun temurun," katanya.

    Abdul yang juga warga asli Desa Ambal Resmi Kecamatan Ambal tersebut menjalani profesi sebagai penjual sate selama puluhan tahun sejak menginjak Sekolah Menengah Pertama (SMP). "Dari kecil sudah mbantu jualan bapak, dulu buka hanya di Ambal, buka di sini sudah sekitar 10 tahun," katanya.

    Ia menjelaskan ciri khas sate ayam ambal yakni cara pembakaran dengan arang batok kelapa selama 3 sampai 5 menit dan bumbu sambalnya menggunakan kecap dan tempe. "Kalau arang batok nggak ada abunya jadi sate bersih. Panasnyapun beda, pembakarannya cepat matang, bumbunya dari tempe jadi khas banget," katanya.

    Untuk dapat menikmati Sate Ambal Pak Alip, konsumen hanya perlu merogoh kocek Rp 35 ribu. "Isinya sekitar 20 tusuk lengkap dengan ketupat," katanya.

    Warung sate Pak Alip yang buka pukul 13.00 hingga 19.00 WIB, melayani pesanan hingga 1000 tusuk. "Jika pesan lebih 1000 tusuk dapat diskon," katanya.(*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top