• Berita Terkini

    Thursday, June 1, 2017

    Mahasiswa di Kudus Diajak Meneladani Pancasila

    INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS
    BAE – Bertepatan Hari Lahir Pancasila serentak pemutaran film dokumenter terkait pidato Ir. Soekarno mengenai penyusunan dasar negara yang merdeka yakni Pancasila di tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Jawa Tengah dan DIY.

    Untuk Kudus ada dua perguruan atau sekolah tinggi yakni Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan Universitas Muria Kudus (UMK). Salah satunya di UMK yang dihadiri sekitar 186 mahasiswa.

    Film yang berdurasi kurang lebih 1,5 jam ini menceritakan tentang isi pidato Ir. Soekarno yang merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Cuplikan dalam film tersebut Soekarno menegaskan bahawa negara yang merdeka harus punya dasar yang kuat supaya menjadi negara merdeka yang kekal dan abadi.

    ”Seperti negara Arab Saudi, Unisoviet dan lainnya yang sebelumnya sudah lama menyusun dasar negara untuk menjadi tonggak penegak kemerdekaan. Negara yang merdeka adalah politik indepedent,” tegasnya Soekarno dalam berpidato.

    Sementara itu, Ketua badan eksekutif mahasiswa (BEM) UMK Safiq mengatakan, mengundang juga dua narasumber yang terlibat langsung dalam penggarapan film tersebut yakni Gunawan dan asisten sutradara Emil.

    ”Ya, tujuan untuk diputarkan film tersebut mengingatkan kembali Pancasila, bagaimana Soekarno memperjuangkan untuk merumuskan isi Pancasila seadil-adilnya yang tidak memihak agama, golongan dan RAS, karena Indonesia beragam budaya dan agama,” jelasnya.

    Dia juga menambahkan, isu-isu yang sekarang lagi marak ingin memecah belah negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan mengatasnamakan agama Islam dan kelompok-kelompok radikal bermunculan.

    Mahasiswa jadi tahu, Soekarno membuat Pancasila dengan kata bangsa karena tidak berpihak pada satu agama atau golongan tertentu. Dia menjelaskan, sebagai mahasiswa jangan terlalu gegabah dengan isu-isu yang berkembang yang memicu SARA. (san)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top