• Berita Terkini

    Thursday, June 15, 2017

    Layanan BPJS Dipermudah Selama Mudik Lebaran

    M Fuad Hasyim/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Lebaran semakin didepan mata. Untuk memastikan seluruh peserta program JKN-KIS menerima pelayanan yang maksimal, BPJS Kesehatan menyederhanakan prosedur pelayanan selama musim mudik Lebaran 2017s. Pemudik peserta JKN-KIS dapat berobat di luar wilayah tanpa harus membawa surat rujukan atau melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

    Pelayanan khusus ini berlaku sejak H-7 hingga H+7 Lebaran, tepatnya 19 Juni hingga 2 Juli 2017. Namun dengan catatan, Rumah Sakit dan IGD yang dituju telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Selain itu,layanan kesehatan ini hanya bisa diakses oleh peserta aktif JKN-KIS.

    "Untuk itu pastikan keanggotaan JKN KIS masih aktif. Kemudian jangan lupa untuk selalu membawa kartu JKN-KIS," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen Maya Susanti melalui Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan dr Novi Indah pada konferensi pers bertema "Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan", Kamis (15/6/2017) di kantor BPJS Kesehatan Kebumen.

    Hadir dalam konferensi pers tersebut Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr Bambang Suryanto serta Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik, dan Kepatuhan (HK2) BPJS Kesehatan Kebumen Maria Sekarwangi.

    Novi menuturkan, layanan kesehatan ini tidak hanya berlaku untuk kasus emergency saja, tapi juga bisa digunakan untuk kasus non emergency. Selain itu, peserta juga bebas dari semua biaya karena sudah ditanggung oleh BPJS.

    Lebih lanjut dia menjelaskan, penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan ini  mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan. Selain itu sekaligus sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal penjaminan pelayanan kesehatan menjelang Idulfitri 1437 H. Akan tetapi, meski ada sejumlah kemudahan, ia menekankan mengatakan penting untuk diketahui bahwa pelayanan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang berstatus aktif.

    Oleh karena itu, para peserta dihimbau untuk memastikan telah membayar iuran, tidak menunggak, dan mengecek status keaktifannya.

    Pengecekan bisa dilakukan melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu cek iuran peserta atau melalui aplikasi BPJS Kesehatan mobile.

    Di Kebumen, lanjut Novi, sejumlah fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yang sudah menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan Kebumen antara lain RSUD dr Sudirman, RSU Palang Biru Gombong, RSU PKU Muhammadiyah Gombong, PKU Muhammadiyah Sruweng dan RSU PKU Muhammadiyah Kutowinangun. Selanjutnya RSU Purwogondo, RSU Permata Medika dan RSU Purbowangi.

    "Bisa juga di semua puskesmas yang ada di Kabupaten Kebumen," imbuhnya.

    Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr Bambang Suryanto menuturkan, pihaknya telah menyiapkan instalasi gawat darurat (IGD) untuk melayani pemudik BPJS Kesehatan. Selain itu juga 300 tempat tidur, baik di kelas III hingga VIP bahkan VVIP. "Kami juga menyiapkan tenaga medis dan sarana kesehatan memadai. Poli juga akan kita buka untuk mendukung layanan ini," ujarnya. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top