• Berita Terkini

    Monday, June 12, 2017

    Ketua FUI Kebumen Serukan Umat Jaga Pancasila

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ketua Forum Umat Islam (FUI) Kebumen KH Ahmad Yunus MPdI mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Pasalnya Pancasila memang selaras dengan Al Quran yang menjadi dasar pedoman bagi Umat Islam.

    Hal ini disampaikannya pada Pengajian Akbar Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Nurul Falaah Kedungpuji Kecamatan Gombong, Minggu (11/6/2017) malam. Nuzulul Qur’an merupakan wakyu pertama turunnya wahyu Al Quran yakni pada 17 Ramadhan.

    Saat Pengajian tersebut, KH Ahmad Yunus MPdI menyampikan Pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia telah sesuai dengan ajaran Islam. Sila Pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, yang mempunyai arti percaya kepada tuhan tunggal telah sesuai dengan ajaran Islam. Dalam hal ini sesuai dengan Al Quran surat Al Ikhlas ayat 1. “Dalam surat tersebut disampaikan bahwa “Katakanlah, dialah Alloh, Yang Maha Esa” maka Sila Pertama Pancasila sesuai dengan Al Qur’an,” tuturnya.

    Sila Kedua Pancasila  yakni Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab lanjutnya, juga selaras juga dengan Al Qur’an yakni pada Surat An Nisa ayat 135. Dalam surat tersebut disampaikan bahwa orang-orang yang beriman harus menjadi penegak keadilan. Dalam Surat An Nisa, juga disampaikan bahwa manusia harus adil dan mau menjadi saksi karena Alloh. “ Sedangkan Sila Ketiga yakni  Persatuan Indonesia, sesuai dengan surat Al Hujurat ayat 13,” paparnya.

    Adapun Sila Keempat Pancasila yakni Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan, sesuai dengan Al Quran surat As Syuro 38.  Yang menyatakan manusia untuk selalu mematuhi tuhannya dan mendirikan sholat. Sedangkan untuk  urusan dengan manusia diputuskan dengan jalan musyawarah antar sesama. “Sedangkan  Sila Kelima Pancasila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, selaras dengan Al Quran surat An Nahl ayat 90,” paparnya.

    Ketua panitia Pelaksana Ustadz Saryono menyampaikan, adanya Bulan Suci Ramadhan diharapkan mampu meningkatkan  nilai ketaqwaan masyarakat.  Bulan Ramadhan yang  penuh berkah sebaiknya digunakan untuk mendulang amal dengan cara memperbanyak berbuat baik dan selalu meningkatkan kualitas ibadah. “Ini saatnya Umat Islam lebih meningkatkan ama ibadah,” paparnya.

    Sementara itu Sekretaris PanitiaiSaefudin SE menyampaikan kegiatan pengajian merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Ramadhan yang dilaksanakan di Masjid  Nurul Falaah Kedungpuji Kecamatan Gombong. Beberapa kegiatan diantaranya, Pasar Sore Ramadhan, seminar, Pawai Keliling dan lain sebagainya. “Ini rutin kami laksanakan setiap Bulan Ramadhan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top