• Berita Terkini

    Thursday, June 29, 2017

    Kesenian Tradisional Dongkrak Kunjungan Wisata Purworejo

    PURWOREJO- Selama libur Lebaran 2017, beragam kesenian tradisional meraimaikan sejumlah objek wisata, baik yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo maupun kelompok sadar wisata (Pokdarwis).  Adanya hiburan yang dipersiapkan khusus oleh pengelola wisata berhasil mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan.

    Salah satu lokasi wisata yang mengalami pelonjakan pengunjung cukup signifikan terpantau di Curug Muncar Indah di Desa Kaliwungu Kecamatan Bruno. Meski berada cukup jauh dari pusat kota, Curug Muncar yang dikelola Pokdarwis Muncar Indah ini menjadi incaran wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

    “Khusus lebaran ini kami menyuguhkan kesenian tradisional Dolalak Putri dari Desa Kaliwungu. Pengunjungnya meningkat drastis, yang biasanya hanya 100 orang, ini hari pertama sudah mencapai sekitar 500 orang,” kata Muh Khojim, ketua panitia kesenian libur lebaran Curug Muncar, kemarin.

    Dijelaskan, meski dikelola dengan anggaran yang terbatas, Curug Muncar terus digarap. Sejumlah fasilitas mulai dibangun, seperti kios, toilet, dan musala. Anggaran dana desa sekitar Rp 200 juta juga disiapkan untuk merabat beton akses jalan menuju curug yang saat ini masih berupa tanah.

    “Memang yang menjadi kendala sekarang adalah infrastruktur jalan yang masih tanah dan cukup jauh menuju lokasi, tapi tidak lama lagi akan segera dirabat. Dalam bulan ini ditargetkan menyelesaiakan pembangunan 4 kios, toilet dan musala,” jelasnya.

    Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo, Wasit Diono SSos, saat melakukan kunjungan bersama jajaran Polsek Bruno memberikan apresiasi terhadap kemandirian Pokdarwis. Meski belum menjadi wisata unggulan yang dikelola Pemkab, pihaknya meminta agar Pokdarwis dapat terus menggali potensi dan terus berbenah, khususnya untuk menyambut tahun kunjungan wisata 2020.

    “Rencananya lapangan Desa Kaliwungu ini akan menjadi terminal pariwisata dan memudahkan akses wisatawan yang selama ini cukup kesulitan dalam transportasinya. Pemkab tentu akan terus memberikan dukungan. Setelah pusat kota digarap, mulai dari alun-alun, nanti pembangunan akan merambah ke semua wilayah,” ungkap Wasit yang juga mantan Camat Bruno.

    Lebih lanjut disebutkan, pada libur lebaran tahun ini, seluruh lokasi wisata di Purworejo berkreasi menyuguhkan hiburan. Berdasarkan pantauannya, tingkat kunjungan wisata di sejumlah lokasi melonjak signifikan. “Selain Curug Muncar, Bruno juga memiliki Curug Gunung Putri yang baru saja diresmikan, ini menjadi alternatif kedua setelah Kecamatan Bener. Saya sudah memantau sejumlah objek wisata, seluruhnya menyuguhkan hiburan dan tingkat kunjungannya luar biasa,” sebutnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top