• Berita Terkini

    Sunday, June 18, 2017

    Kampung Inggris Kebumen Mulai Dilirik Siswa Luar Daerah

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah hampir satu tahun berjalan, kini Kampung Inggris Kebumen (KIK) mulai dilirik oleh sekolah/siswa dari luar kabupaten Kebumen.  Kali ini untuk pertama kalinya KIK yang berada di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah menerima siswa dari luar Kebumen yakni SMK Muhammadiyah 1 Cilacap.

    Selama lima hari, yakni Senin-Jumat (12-16/6/2017), sebanyak 65 siswi dari SMK Muhammadiyah 1 Cilacap menimba ilmu di KIK. Meski hanya dapat belajar dalam waktu singkat, namun para siswa telah menunjukkan hasil yang luar biasa. Para siswa telah mampu tampil dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

    Adanya hasil signifikan yang ditempuh dalam waktu singkat itu, membuat para guru SMK Muhammadiyah 1 Cilacap pun merasa kagum. Pihaknya tidak menyangka mental para siswa mampu dibangkitkan hanya dalam waktu singkat. “Saya memang tidak memantau secara langsung bagaimana proses belajar dilaksanakan. Namun perubahan pada siswa begitu terlihat nyata,” tutur  Kepala SMK Muhammadiyah 1 Cilacap Drs Ucok Nuzul Imanto MPd, melalui Waka Kurikulum Haryanto ST, saat menghadiri acara penutupan belajar di KIK, Jumat (16/6/2017).

    Menurutnya, meskipun hanya dalam waktu lima hari belajar, namun KIK telah mampu membangkitkan motivasi para siswa untuk berani bercakap menggunakan Bahasa Inggris.  Keberanian untuk bertutur kata serta mampu membangkitkan semangat belajar, menjadi keberhasilan KIK dalam membimbing siswa. “Kami baru tahu kalau di Kebumen ada Kampung Inggris, sebelumnya kami telah bekerja sama dengan beberapa lembaga kursus,” paparnya.

    Adanya keberhasilan tersebut, membuat pihak SMK Muhammadiyah 1 Cilacap, berminat untuk kembali mengirim siswanya ke KIK. Hal ini akan dilaksanakan dengan waktu yang lebih lama dari sebelumnya. Dengan adanya penambahan waktu, akan mendapatkan hasil yang lebih optimal dan maksimal. “Kami sangat berterima  kasih dengan KIK. Ke depan kami akan mengirim siswa ke KIK Kembali,” terangnya.

    Ketua Sekretariat KIK, Dra Budi Nurhayati mengatakan, hingga kini KIK telah meluluskan 2.500 peserta didik. Selain belajar Bahasa Inggris, di KIK para siswa juga dilaksanakan pembentukan karakter siswa. “Di sini para peserta harus sholat berjamaah, Sholat Dhuha, Tahajud dan melaksanakan Tadarus Al Our’an. Kami berharap ke depan dapat selalu menjalin kerja sama dengan berapa sekolah, baik dari dalam maupun di luar Kebumen,” ucapnya, yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top