• Berita Terkini

    Friday, June 9, 2017

    Jelang Mudik, PT KAI Kebut Perbaikan Rel Kereta

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Menjelang lebaran tahun 2017 ini PT KAI melakukan perbaikan dan pergantian di beberapa jalur perlintasan DAOP 5 Purwokerto. Hal itu salah satunya di laksanakan di Kabupaten Kebumen. Perbaikan dilaksanakan oleh sejumlah pekerja dengan memperbaiki bantalan rel dan menambah material batu.

    Dalam mengerjakan perbaikan bantalan rel dilaksanakan dengan melibatkan 19 pekerja. 19 Pekerja terbagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing satu mandor dan 8 pekerja.

    Perbaikan dan pergantian rel dilaksanakan guna mengantisipasi kereta anjlok. Hal ini mengingat padatnya arus kereta selama arus mudik dan balik. Adanya pemuaian dan pengeroposan dapat membuat rel rusak.

    Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu arus mudik dan balik bahkan dapat membahayakan kereta api yang sedang melintas. “Pemeriksaan dan perbaikan untuk memastikan alat sarana dan prasarana berfungsi dengan baik," kata Fatchur salah petugas PT KAI Resort V 15 Kebumen di sela-sela perbaikan rel di wilayah Desa Selang Kecamatan Kebumen, Kamis (8/6/2017).

    Menurut Fatchur, perbaikan dan pengecekan rutin dilaksanakan. Menghadapi mudik lebaran perbaikan di posko dilaksanakaan agar rel lebih kuat dan tahan geseran mengingat jumlah kereta yang akan melintas lebih banyak dari biasanya. “Ini untuk memastikan kondisi rel kereta api siap digunakan, selain itu juga untuk meningkatkan pelayanan yakni memberikan kenyamanan saat rel dilalui kereta. Harapannya, rel kereta api di Kebumen lebih nyaman saat dilalui arus mudik tahun ini," paparnya.

    Fatchur menambahkan, adapun beberapa perbaikan yang dilaksanakan meliputi pengecekan geometri seperti angkatan rel dan leveling. Selain itu, juga dilaksanakan perbaikan pada bagian pengunci rel dan bantalan rel yang mengalami penurunan. Dengan adanya perbaikan, pihaknya menjamin bahwa rel kereta api yang ada di wilayah kerjanya siap untuk digunakan arus mudik tahun 2017 ini. "Untuk rel sudah siap menghadapi arus mudik tahun ini," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top