• Berita Terkini

    Monday, June 19, 2017

    Ini Penjelasan Polres Kebumen Soal Ledakan Mercon Gemeksekti

    NDANPUDJIFOREKSPRES

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Belasan rumah  di Desa Gemeksekti Kecamatan Kebumen mengalami kerusakan menyusul ledakan yang berasal dari pemusnahan barang bukti Polres Kebumen, di wilayah setempat, Senin (19/6/2017).

    Kapolres Kebumen, AKBP Titi Hastuti SSos melalui Kasat Sabhara, AKP Krida Risanto menjelaskan, peristiwa itu bermula saat anggota Polres Kebumen  bermaksud memusnahkan barang bukti berupa mercon yang berhasil disita dalam operasi Ramadania tahun  2017 ini.

    Pemusnahan barang bukti ini sebagai tindak lanjut dari pemusnahan di Mapolres Kebumen, beberapa jam sebelumnya. Lantaran jumlah yang disita cukup banyak dan mencapai ribuan, petasan siap ledak dan bahannya itu harus dimusnahkan di tempat yang aman.

    Hingga kemudian, dipilihlah Desa Gemeksekti Kebumen persisnya di RT 6 RW 3 Dukuh Sumelang  . Tempat ini dinilai aman, karena terdapat tanah lapang yang dikitari bukit cadas. Selain itu, cukup jauh dari lokasi pemukiman penduduk.

    "Hal itu menjadi pertimbangan Polres, bahwa tempat itulah yang tepat melakukan pemusnahan mercon," kata AKP Krida kepada Kebumen Ekspres, Senin (19/6/2017).

    AKP Krida menjelaskan, proses pemusnahan dilaksanakan dengan membakar bahan peledak mercon sebanyak dua kali. Hal ini dilaksanakan agar semua barang peledak tersebut musnah. Pada ledakan pertama tidak berdampak signifikan. Namun ledakan kedua, terjadi di luar dugaan. Yakni menimbulkan kerusakan rumah penduduk. Meski demikian, ujar AKP Krida, kerusakan itu skala ringan.

    "Tampaknya terdapat beberapa mercon ukuran kecil, yang menjadi pemicu ledakan," jelasnya.

    Terkait kerusakan rumah warga, AKP Krida memastikan Polres akan menggantinya. Bagi warga yang rumahnya terdampak ledakan, dapat mengambil material pada toko bangunan yang telah ditunjuk oleh Polres Kebumen. "Adapun biaya material yang diambil dari toko bangunan akan dibayar oleh Polres Kebumen," ujarnya.
    rumah warga akibat terkena ledakan


    Seperti diberitakan, ledakan hebat mengguncang warga Desa Gemeksekti kecamatan Kebumen Senin (19/6/2017) sekitar pukul 11.15 WIB.  Tidak ada korban jiwa atau luka akibat peristiwa ini. Namun, setidaknya 17 bangunan, terdiri dari rumah warga dan masjid di sekitar lokasi peledakan mengalami kerusakan.  Selain itu, ada tiga warga yang dibawa ke rumah sakit. Mereka bukan terkena ledakan, namun merupakan warga yang menderita penyakit jantung dan terkejut mendengar ledakan bak bom itu. (cah/mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top