• Berita Terkini

    Wednesday, June 21, 2017

    H-5, Arus Mudik di Kebumen Mulai Meningkat

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Jumlah kendaraan yang melintasi wilayah Kabupaten Kebumen mulai mengalami peningkatan. Hingga memasuki hari kelima menjelang Lebaran (H-5) arus mudik kendaraan dari arah barat jalur selatan Jawa Tengah telah mencapai ribuan. Ribuan kendaraan yang melintas sejak Senin (19/6/2017) malam didominasi pelat nomor wilayah Jakarta dan kota-kota di Jawa Barat.

    Berdasarkan data di Pos Pengamanan Mudik Lebaran Polsek Rowokele, hingga Selasa (206) pukul 00.00 WIB, sebanyak 6.907 lebih kendaraan melintasi kawasan perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kebumen yang menjadi akses utama para pemudik menuju wilayah Jogja dan sekitarnya (arah timur).

    Dari jumlah tersebut pemudik yang melakukan perjalanan menggunakan sepeda mendominasi mencapai 4.057 motor. Disusul mobil pribadi yang mencapai 2.027 kendaraan, selanjutnya mobil beban sebanyak 790 kendaraan, serta angkutan bus sebanyak 33 kendaraan. Kendaraan pelat B masih tampak dominan melintasi jalur tersebut.

    Berdasarkan pantauan Kebumen Ekspres, Rabu (21/6) sepanjang jalan nasional Rowokele-Prembun mulai terjadi kepadatan kendaraan. Namun, masih belum sampai menyebabkan kemacetan. Hanya di sejumlah titik terjadi penumpukan kendaraan.

    Seperti di depan Pasar Gombong, Pasar Karanganyar, Pasar Kutowinangun, dan Pasar Prembun.

    Selain itu, penumpukan kendaraan juga terjadi di perlintasan kereta api Karanganyar dan Kutowinangun. Selebihnya terpantau lancar. Sejumlah petugas kepolisian terlihat mengatur arus kendaraan di beberapa titik persimpangan yang rawan kemacetan.

    Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, mengatakan kondisi lalu lintas di Kebumen masih relatif lancar. Sudah terjadi peningkatan arus kendaraan, namun masih belum signifikan.

    "Prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 23 (Juni) malam," kata AKBP Titi Hastuti, bersama Bupati Kebumen, saat memantau posko mudik di sepanjang jalur selatan Kabupaten Kebumen, kemarin.

    Kapolsek Klirong AKP Diyono yang selalu memantau perempatan Sokka Baru Kebumen mengatakan, lonjakan kendaraan baik mobil atau sepeda motor sangat terasa mulai Selasa hingga Rabu (20-21/6). Jumlah kendaraan meningkat seiring mendekati lebaran. “Ini terus meningkat, di sore hari kendaraan akan mengular saat lampu apill menyala merah,” tuturnya, Rabu (21/6).

    Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, menambahkan seluruh posko mudik yang ada di jalur mudik di Kabupaten Kebumen sudah siaga. "Dari pantauan kita sudah siap menerima pemudik," ujar Mohammad Yahya Fuad.

    Sejumlah tempat yang dipantau Bupati bersama anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), diantaranya Terminal Kebumen, Posko Simpang Lima Kebulusan, Posko Pasar Gombong, Posko Kretek, Posko Polsek Rowokele dan Pos Cek Point di Rumah Makan Lestari Karanganyar. Di setiap posko yang dipantau, bupati bersama rombongan menyerahkan bingkisan untuk para petugas.(ori/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top