• Berita Terkini

    Wednesday, June 14, 2017

    Fungsional Pada H-10, Flyover Kretek Hanya Untuk Mobil Pribadi

    TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES
    PAGUYANGAN - Jembatan Layang (Flyover) Kretek Kecamatan Paguyangan, dapat berfungsi pada H-10 Lebaran mendatang. Kepastian tersebut menyusul dilakukannya uji coba terhadap komponen jembatan bailey, yang membentang sepanjang 50 meter sebagai jembatan sementara, Rabu (14/6).

    Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Flyover Ditjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Wahyu Supriyo Winurseta menyampaikan, ujii coba dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan flyover Kretek termasuk di dalamnya jembatan bailey sebelum difungsikan pada musim arus mudik tahun ini.

    "Secara umum flyover Kretek ini sudah bisa fungsinonal pada H-10 Lebaran, saat ini tinggal penambahan kelengkapan saja," jelas Wahyu.

    Di lokasi sendiri sejumlah pekerja tampak tengah memasang beberapa komponen, seperti halnya penerangan jalan maupun pengaman pada dua jembatan bailey.

    "Selain itu juga akan dilengkapi rambu-rambu, karena memang beban maksimal pada jembatan seberat 12 ton. Sehingga diupayakan tidak ada antrian kendaraan di atas jembatan," terang Wahyu.

    Dia menambahkan, saat fungsional nanti flyover Kretek dipergunakan khusus bagi kendaraan jenis mobil pribadi dengan prioritas bagi arus mudik. Sementara kendaraan besar truk maupun bus melalui jalur bawah flyover.

    "Sedangkan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, diarahkan melalui jalur alternatif Kretek-Pertigaan Kaligua. Kondisinya cukup sempit, sehingga prioritas bagi roda dua," ungkapnya.

    Lebih jauh Wahyu menyampaikan, pada H-10 Lebaran nanti, dua Flyover sudah dapat fungsional yakni Kretek dan juga Kesambi di Tegal. Sedangkan flyover Kesambi Tegal dan Dermoleng Brebes, sudah dalam status operasional.

    "Empat flyover sudah dapat dilalui, hal ini untuk mendukung upaya mengurangi terjadinya kemacetan di jalur mudik Tegal-Purwokerto," katanya.

    Ditambahkan Wahyu, empat flyover ini memang disiapkan untuk mengurangi kemacetan akibat penutupan jalan saat kereta api melintas di jalur Brebes- Purwokerto.

    Sementara Project Manager PT Adhi Karya Kusno menyatakan, pihaknya optimis jika flyover Kretek dapat fungsional sesuai dengan target yang diharapkan. Dimana saat ini pekerjaan tengah dilakukan pemasangan komponen penunjang.

    "Selain itu juga penambahan lapisan pada bagian oprit jembatan, sehingga kendaraan bisa lebih nyaman saat melintasinya," imbuh Kusno.(pri)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top