• Berita Terkini

    Thursday, June 8, 2017

    Bulan Puasa, Masjid Agung Jadi 'Idola'

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menunggu waktu berbuka puasa pada Ramadan ini. Salah satunya dengan tidur-tiduran usai menunaikan shalat dzuhur di waktu siang hingga sore hari di Masjid Agung Kebumen.

    Hingga memasuki hari ketiga belas di bulan Ramadan, Masjid Agung masih menjadi tempati favorit warga untuk mengisi waktu dalam berpuasa seperti melakukan shalat berjamaah, tadarus, istirahat hingga ngabuburit.

    Pantauan Kebumen Ekspres, Kamis (8/6/2017) sore mendapati puluhan orang tampak berbaring terlentang dengan beralaskan sajadah yang membentang di dalam masjid tersebut. Beberapa diantaranya malah memilih beralaskan lantai masjid yang cukup dingin. Selain di dalam masjid, beberapa orang tampak berbaring di selasar masjid dengan menutupi wajahnya dengan kain terlipat.

    Menurut salah satu jamaah masjid, kebiasaan para jamaah di tempat itu sudah terbiasa. Terlebih, pada saat bulan Ramadan seperti saat ini. Furqon salah seorang jamaah mengaku kalau tiduran di masjid tersebut cukup adem. "Sembari menunggu berbuka, enaknya tiduran di sini," katanya, kemarin.

    Menurutnya tiduran untuk menunggu buka puasa lebih baik ketimbang harus jalan-jalan dengan terik matahari. Lain lagi dengan jamaah lainnya, yang melakukan tadarus atau membaca Al-qur'an di masjid kebanggaan masyarakat Kebumen itu.

    Masjid terbesar di Kebumen ini memang menjadi salah satu pilihan warga muslim di Kebumen untuk meningkatkan ibadahnya. Salah satu yang dilakukan warga adalah mengaji.

    "Habis asyar sambil menunggu magrib, menambah pahala dengan tadarus," ujar Hasan, warga pejagoan, yang mengaku rutin melakukan tadarus di tempat itu selepas asyar.

    Hal serupa juga dilakukan Putut (31) salah satu karyawan swasta. Menurutnya, kegiatan tadarus sering dia lakukan selama bulan puasa. Sejumlah jamaah membaca Al-quran diantara orang yang beristirahat di Masjid Agung Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top