• Berita Terkini

    Friday, June 9, 2017

    Bangun Lima Embung, Pemkab Kebumen Siapkan Rp 10,6 Miliar

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Pemkab Kebumen mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10,6 miliar untuk membangun embung tahun ini. Dari dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen itu, rencananya ada lima embung baru akan dibangun.

    Yakni embung Desa Seling Kecamatan Karangsambung. Kemudian embung Desa Sadangwetan Kecamatan Sadang, embung Desa Sadang Kulon Kecamatan Sadang, Desa Kalisana Kecamatan Karangsambung dan Desa Banjarharjo Kecamatan Ayah.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kebumen, Slamet Mustolkhah, mengatakan dari lima desa yang sudah siap dilelang baru dua desa. Yakni embung Desa Seling dan Desa Sadangwetan Kecamatan Sadang. "Yang dua ini dikerjakan sebelum (APBD) perubahan," kata Slamet Mustolkhah, Jumat (9/6/2017).

    Pembangunan embung Desa Seling, Kecamatan Karangsambung dianggarkan dana sebesar  Rp 2 miliar. Sedangkan, untuk embung Desa Sadangwetan Kecamatan Sadang senilai Rp 750 juta.

    "DED (detail engineering design) dari konsultan perencana DPU PR sudah dibuat. Jadi sekarang lagi proses mau masuk dilelang," ujar Slamet.

    Slamet menambahkan, pada perubahan APBD 2017 akan dibangun tiga unit embung. Yaitu di Desa Sadang Kulon Kecamatan Sadang, Desa Kalisana Kecamatan Karangsambung dan Desa Banjarharjo Kecamatan Ayah. DED ketiga embung itu sedang disiapkan DPU PR Kebumen dan disusun oleh konsultan perencana.

    "Sebenarnya ada 12 embung akan dibangun, namun tahun ini baru lima embung. Sisanya di tahun 2018," imbuhnya.

    Ia menjelaskan, dibangunnya embung-embung itu guna mengatasi kesulitan air di daerah dataran tinggi. Bila tahun ini dibangun, pada musim hujan awal tahun depan sudah berfungsi menampung air hujan dari daerah sekitarnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top