• Berita Terkini

    Tuesday, June 13, 2017

    Awasi Peredaran Produk Makanan Berbahaya, Pemkab Kebumen Terjunkan Tim

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen mulai hari ini, Rabu (14/6/2017) akan menerjunkan tim untuk melakukan pengawasan terhadap produk pangan yang beredar di pasaran. Pengawasan ini akan dilakukan hingga lebaran mendatang.

    Tim gabungan yang akan terjun ke lapangan merupakan gabungan dari Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Satpol PP.

    Mereka akan melakukan razia di pusat perbelanjaan yang ada di Kabupaten Kebumen. Baik pasar modern maupun pasar rakyat.

    Pengawasan khusus dilakukan untuk produk hewan seperti daging sapi, kikil, ikan, ayam, dan produk hewan lainnya. Selain itu, juga pengawasan terhadap produk pangan lainnya termasuk uji sampel. Seperti produk makanan dan minuman yang tidak memenuhi syarat, kedaluwarsa, tidak layak konsumsi hingga mengandung bahan kimia berbahaya.

    Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, Tim Sistim Keamanan Pangan Terpadu Kabupaten Kebumen menggelar rakor keamanan pangan menjelang lebaran. Rakor tersebut digelar di Ruang Rapat Setda Kebumen, Selasa (13/6).

    Hadir pada rakor itu, Wakill Bupati Yazid Mahfudz, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pudji Rahaju, Kepala Dinas Kesehatan Y Rini Kristiani, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan La Ode Haslan dan Plt Kepala Satpol PP Titi Widagni.

    Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Ika Rahmawati, mengatakan rakor digelar untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas lintas sektor dalam penanganan keamanan pangan. Termasuk dalam menghadapi hari besar keagamaan dan nasional (HBKN).

    "Dari rakor ini diharapkan akan tersusun pelaksanaan monitoring ke tempat penjualan dan produksi bahan pangan. Baik di pasar tradisional, swalayan, supermarket dan lainnya. Untuk memantau tingkat keamanan pangannya," ujarnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top