• Berita Terkini

    Monday, May 15, 2017

    Tumbuhkan Cinta Damai, Mahasiswa Diingatkan Kembali Konsep Kridatama

    SAEFUR/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 500 peserta yang merupakan Perwakilan Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM) perguruan tinggi se Jawa Tengah dan DIY mengikuti seminar yang diselenggarakan  Universitas Maarif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kabupaten Kebumen. Sejumlah tokoh pendidikan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan yang dilaksanakan di gedung UMNU Kebumen, Minggu (7/5/2017) itu.

    Mereka antara lain, Pembina BPP Dr H Hanif Saha Ghofur, Kopertis Wilayah VI Jateng  Drs Sumarno Msi, Direktur Kemahasiswaan Prof Dr Iwan Iwan Dwi Prihasto, Direktur Kemahasiswaan UNDIP Prof Dr Sotedjo Kuat Widodo Msi dan Rektor Umnu Kebumen Dr H Khomsin Ali Usman MPd.

    Rektor UMNU Kabupaten Kebumen Dr H Khomsin Ali Usman MPd melalui ketua panitia Mustolih Mpd mengatakan seminar tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kembali karakter mahasiswa Indonesia sesuai konsep Kridatama. "Kridatama yakni kepanjangan dari Kritis Damai Taat dan Manusiawi, yang diartikan juga krida berarti kinerja, tama berarti Utama, bisa dikatakan kinerja terbaik," ujarnya.

    Mustolih menjelaskan konsep Kridatama memiliki misi mengajak mahasisawa mahasiswa berfikir kreatif, kritis, taat dalam agama dan peraturan dan bertingkah manusiawi serta tetap mengetahui tata tertib dan sopan santun.

    "Konsep Kridatama sendiri merupakan konsep gerakan revolusi mental berdasarkan Pancasila yang dicanangkan Presiden pertama RI Ir Soekarno. Banyaknya kasus perbedaan pendapat yang menimbulkan konflik bahkan sampai terjadinya kekerasan di kalangan generasi muda Indonesia tak terkecuali mahasiswa, membuat keprihatinan bagi semua kalangan. Maka dari itu dengan seminar ini akan menumbuhkan faham cinta damai," katanya.


    Wakil Bupati Kebumen,  KH Yazid Mahfudz yang hadir pada kesempatan itu sekaligus didaulaat membuka seminar menyampaikan apresiasinya. Dia berharap melalui kegiatan ini, akan lahir mahasiswa yang mempunyai karakter dan akhlak yang baik.

    "Semoga kegiatan seperti ini terus berlangsung, dan mahasiswa kebumen semakin mandiri dengan konsep kridatama mahaiswa mampu memainkan peranan penting di masa depan," katanya. (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top