• Berita Terkini

    Tuesday, May 9, 2017

    Satpol PP Purworejo Bentuk Komunitas Kader Siaga

    andi/ekspres
    PURWOREJO-Terbatasnya personel Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Purworejo menjadikan penanganan permasalahan ketertiban dan ketentraman umum di tingkat desa tidak maksimal. Kondisi itu menjadikan banyak permasalahan di tingkat bawah kerap melebar dan tidak tertangani.

    Menyikapi hal itu, Satpol PP dan Damkar Purworejo menggandeng masyarakat perdesaan untuk terlibat dan mendapatkan pelatihan sederhana. Kerjasama diwadahi dalam Komunitas Kader Siaga Trantib, dimana nantinya setiap desa diharapkan ada 9 relawan yang terlibat.  "Sudah ada 5 kecamatan yang masing-masing punya tiga desa yang membentuk komunitas ini," kata Kepala Satpol PP, Tri Joko, kemarin.

    Adanya komunitas itu, lanjut Tri Joko merupakan tindak lanjut dari instruksi Gubernur. Di Purworejo sendiri mendapat dukungan dari Bupati yang secara khusus menerbitkan adanya surat keputusan.  "Jadi ini tidak hanya menjadi kegiatan Satpol PP dan Damkar saja tapi sudah ditindaklanjuti langsung oleh Bupati," katanya.

    Diharapkan dengan adanya petugas-petugas trantib di desa akan mempercepat proses penanganan permasalahan di masyarakat. Setidaknya sebelum masalah muncul ke permukaan, hal itu sudah diselesaikan dengan baik. "Tahun ini kita dorong seluruh kecamatan sudah ada, setidaknya di tiga desa. Kalau secara keseluruhan baru di tahun 2019, seluruh desa sudah terbentuk," tandasnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top