• Berita Terkini

    Wednesday, May 17, 2017

    Sambut Ramadan, Pemkab Kebumen Bentuk Pasukan Bersih Masjid

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Menyambut bulan suci Ramadan 1438 hijriah, Pemkab Kebumen membentuk Pasukan Bersih Bersih Masjid (BBM). Pasukan ini nantinya akan diterjunkan untuk membersihkan sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Kebumen.

    Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Sukamto, mengatakan Pasukan BBM akan beraksi satu minggu menjelang Ramadan. Mereka akan membersihkan masjid secara serentak pada Sabtu (20/5/2017) mendatang.

    "Kita akan lakukan sampling saja. Tidak semua masjid kami bersihkan, tapi gerakan bersih bersih masjid ini bisa ditiru oleh masyarakat," kata Sukamto, di Gedung Press Center Komplek Perkantoran Pemkab Kebumen, Rabu (17/5).

    Personel pasukan ini, lanjut Sukamto, merupakan gabungan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Kebumen. Setiap OPD diminta mengirimkan lima wakilnya untuk bergabung dengan pasukan bentukan Bupati Mohammad Yahya Fuad, itu.

    "Akan dibentuk enam tim gabungan dari berbagai OPD. Kemudian mereka akan ditugasi membersihkan masjid-masjid sasaran," ujar mantan Camat Sadang ini.

    Aksi bersih-bersih itu juga akan melibatkan takmir masjid dan masyarakat sekitar masjid setempat. "Masjid sasaran yang kita pilih itu masjid desa yang digunakan untuk shalat jumat," imbuhnya.

    Sukamto berharap, dengan aksi itu masjid akan lebih bersih, wangi dan nyaman. Sehingga jamaah yang melakukan ibadan di masjid jadi lebih khusuk. "Karena selama ini kita sering menjumpai masih banyak masjid yang kurang bersih, toiletnya pesing dan kotor. Yang membuat tidak nyaman untuk beribadah," tegasnya.

    Terdapat enam masjid yang dipilih jadi sasaran gerakan bersih-bersih masjid ini.  Yaitu, Masjid Al-Iksan Dukuh Karangtengah Desa Muktisari, Kecamatan Kebumen. Tim I ini dipimpin oleh Asisten I Sekda Sabar Irianto, sedangkan pasukannya berasal dari Sekretariat Daerah Kebumen, Sekretariat DPRD, RSUD Dr Soedirman, dan RSUD Prembun.

    Tim II akan membersihkan Masjid Al-Ikhlas Desa Candimulyo Kecamatan Kebumen. Tim ini dikomandoi oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Azam Fatoni. Beranggotakan dari Dinas Pendidikan, BAPPPDA, BKPPD, Dispora Wisata, dan DP MPTSP. Tim III dipimpin oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan La Ode Haslan, beranggotakan dari Inspektorat, Kesbangpol, BPBD Dislutkan, KPU  dan Dinsos PPKB. Tim ini akan beraksi di Masjid Mamba'ul 'Ulum RW 01 Desa Karangtanjung.

    Kemudian, Tim IV dipimpin oleh Kepala Dispermades P3A, Moh Amirudin, yang beranggotakan wakil dari Dinas Kesehatan, Disperindag, Dispermades P3A,  DPU PR dan Dispendukcapil.  Adapun lokasinya di Masjid Bani Ahmad Jalan Kolopaking, utara Pasar Tumenggungan Kebumen. selanjutnya, tim   V dikomandani oleh Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah Aden Andri Susilo. Anggotanya dari Satpol PP, Dishub, Bapenda dan Diskominfo. Masjid yang jadi sasaran Masjid Al-Mukaromah Dukuh Panggel Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen.

    Sedangkan, tim VI akan membersihkan Masjid Jami' Ahmad Kauman Pejagoan. Tim ini dipimpin oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pudji Rahaju, dengan anggota Perkim LH, Distapang, Disperpusarsipda, BPKAD, dan Disnaker KUKM. Pasukan BBM akan mulai beraksi pukul 07.00 hingga selesai.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top