• Berita Terkini

    Tuesday, May 9, 2017

    Kuda Joged Meriahkan Khotmil Qur'an TPQ Mushola Nur Taqwa Sidomoro

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 26 santri TPQ Mushola Nur Taqwa Desa Sidomoro Kecamatan Buluspesantren, diarak menggunakan kuda joget, Minggu (7/5/2017). Kegiatan dalam rangka acara Khotmil Qur'an itupun berlangsung semarak.

    Arak-arakan mengular tak kurang dari 500 meter mendapat sambutan dari warga yang memenuhi rute  melewati tiga desa diawali start dari Desa Sidomorto, Sangubanyu dan Desa Mengkowo Kecamatan Kebumen. Apalagi,  pada saat yang bersamaan alunan musik  merdu suara keras pawai motor remaja desa juga turut meriahkan acara tersebut. Selain itu acara dimeriahkan grup drumband dari SMK Puspa Jati Kebumen, serta iring-iringan kereta dan odong-odong dan becak hias yang turut memeriahkan arak-arakan.

    Ketua Panitia  Khotmil Quran Arif Yudianto mengatakan, sepanjang perjalanan kuda joget tersebut akan beraksi untuk menghibur para penonton. Pada Khataman kali ini diikuti 26 peserta mulai dari TK dan SD yang telah Khatam Al Qur'an dan melibatkan 30 kuda joget. “ Acara ini baru   pertama kalinya diadakan, saya mengucapkan selamat kepada semua peserta Khataman dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu acara ini,” katanya.

    Kepala Desa Sidomoro Mohkamad  Supriono mengatakan acara ini merupakan pertama kalinya diadakan di desanya yang bertujuan  memberikan apresiasi dan dukungan (suport) kepada para santri desa setempat. "Ini untuk menggiatkan anak anak agar lebih semangat ngajinya, sekaligus menghibur masyarakat," katanya.

    Dijelaskan oleh Supriono tak hanya iring iringan saja, rangkaian acara tersebut juga diawali dengan prosesi Khotmil Qur'an.  "Para peserta menghafal bacaan ayat suci Al Qur'an diatas panggung sebelum dikirab keliling kampung, malanya ada pengajian diisi oleh KH Fathurohman asal Desa Jogosimo kecamatan Petanahan,"tutupnya.(saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top