• Berita Terkini

    Wednesday, May 31, 2017

    Kelelahan, Penyu Terdampar di Pantai Tegalretno

    Foto Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Seekor penyu mendarat di Pantai Tegalretno Kecamatan Petanahan, Rabu (30/5/2017) dini hari. Beruntung, penemuan penyu ini segera dilaporkan kepada Dinas Kelautan Perikanan Kebumen yang kemudian mengembalikannya ke laut lepas.

    Kepala Seksi Prasarana dan Pengendalian Sumberdaya Ikan pada Dinas Kelautan Perikanan Kebumen, M Rosyidi BSc, menyampaikan penyu tersebut ditemukan warga lantas dilaporkan kepada Dinas.

    "Penyu ini baru saja bertelur dan terdampar karena kelelahan. Syukurlah akhirnya penyu dilepas kembali ke laut," ujar Rosyid, Rabu.

    Petugas dari Dinas Perikanan yang datang ke lokasi, lanjut dia, lantas menandai  lokasi pengeraman telur dan berpesan kepada warga setempat menjaga dan mengawasi telur tersebut dari gangguan, baik hewan maupun manusia. Dinas berharap agar telur tersebut dapat selamat sampai menetas menjadi tukik.

    " Di musim dingin seperti ini memang sedang musim bertelur bagi penyu. Dan kawasan pantai selatan Kebumen memang menjadi salah satu kawasan yang biasa ditemukan penyu," imbuh Rosyid.

    Dia menambahkan, upaya pelestarian penyu telah digalakkan Pemkab Kebumen. Salah satu upaya yang telah dilakukan, yakni dengan pembangunan  rumah penangkaran penyu di desa Jogosimo Klirong yang berbatasan langsung dengan desa Tegalretno.


    Baca juga:
    (Penyu Hijau Kembali "Mendarat" di Pantai Bopong)


    "Program Pelestarian penyu mulai direncanakan saat adanya Kegiatan Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh (PKPT) tahun 2015-2016. Hal ini sebagai bukti adanya komitmen masyarakat Pesisir kebumen terhadap Pelestarian sumberdaya Perikanan salah satunya adalah penyu," kata Rosyid.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top