• Berita Terkini

    Sunday, May 28, 2017

    Kecewa dengan Pemerintah, Warga Wonosobo Perbaiki Sendiri Jalan Rusak

    WONOSOBO- Warga Kampung Mulyosari Desa Serang Kejajar nekat membangun jalan kabupaten secara swadaya, lantaran bertahun-tahun tidak kunjung diperbaiki oleh Pemkab Wonosobo. Upaya pengajuan sudah sering disampaikan melalui Musrenbangkecamatan, namun tidak pernah ada realisasi.

    Jalan rusak yang dikeluhkan warga berada di jalur lingkar pasar kejajar Dusun Mulyosari Desa Serang  dengan panjang sekitar satu kilometer. Jalan milik kabupaten tersebut terakhir dibangun pada tahun 2004 silam.

    Kepala Desa Serang Kejajar Wisnu Budi Utomo kemarin mengatakan bahwa sudah lama warga dusun mulyosari mengeluhkan soal jalan tersebut, dan pihaknya sudah membawa ke forum musrenbang kecamatan, namun hanya dijanjikan tidak ada tindak lanjut dari pemerintah daerah.

    “ itu status jalan kabupaten bukan desa, sehingga kita selaku pemerintah desa tidak berani membangun, nanti bermasalah dengan hukum,” katanya.
    Lantaran ditunggu sejak puluhan tahun lalu tidak mendapatkan respon positif dari pemerintah kabupaten, akhirnya warga yang tinggal di sekitar jalan tersebut berinisiatif saweran atau iuran membangun jalan secara swadaya.

    “ saya tidak bisa mencegah upaya yang mereka lakukan, saya sudah komunikasi dengan pihak kecamatan, bahkan dinas terkait, tapi lagi-lagi ya nol realisasi,” imbuhnya.
    Menurutnya, jalan yang rusak tersebut merupakan jalan lingkar pasar kejajar, kondisinya hancur lebur, setiap kali diajukan untuk dibangun, tidak pernah ada realisasi, bahkan sejumlah warga telah berinisasi agar jalan itu dikembalikan saja statusnya dari jalan kabupaten menjadi jalan milik desa.

    “ kalau banyak warga desa ramai-ramai minta jalan desa dikembalikan ke kabupaten, tapi ini malah sebaliknya, warga minta jalan kabupaten dikembalikan saja ke desa, biar bisa diurus secara lebih maksimal,” ucapnya.

    Sebagai pihak pemerintah desa, dirinya  mengaku malu dengan kondisi jalan tersebut, pasalnya warga setempat mengira bahwa jalan itu milik desa dan tidak pernah diperhatikan, padahal itu jalan kabupaten dan bukan menjadi kewenangan pemerintahan desa serang untuk membangun atau memperbaiki.

    “ kita sampai malu, waga kampung mulyosari setiap hari menanyakan, kenapa jalan itu tidak kunjung dibangun, sudah kita jelaskan berkali-kali, tapi warga ya tidak mau tau, inginnya jalan itu mulus, akhirnya mereka swadaya bangun sendiri setelah menunggau 13 tahun lamanya,” terangnya.

    Sementara itu, Camat Kejajar Iwan Widiyanto mengakui bahwa jalan lingkar pasar di kampung mulyosari desa serang kejajar memang jalan kabupaten. Sebagai camat baru diwilayah itu dirinya akan berupaya agar ada perhatian dari pemerintah melalui dinas terkait.

    “ memang itu jalan kabupaten, jadi  pihak desa memang tidak berani membangun, dari informasi yang saya terima, setiap musrenbangkec sudah diajukan tapi belum ada realisasi,” katanya.(gus)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top