• Berita Terkini

    Wednesday, May 17, 2017

    Job Fair Kebumen 2017 Sediakan 3.000 Lowongan Kerja

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Pemkab Kebumen kembali menggelar pameran kesempatan kerja "Kebumen Job Fair 2017". Pameran ini digelar selama dua hari, 17-18 Mei 2017 di Hotel Candisari Karanganyar. Secara resmi acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Kebuman Yazid Mahfudz, kemarin.

    Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dwi Suliyanto, menjelaskan job fair 2017 diikuti oleh 25 perusahaan. Baik perusahaan dari Kabupaten Kebumen maupun dari luar daerah. Sedangkan, jumlah lowongan kerja yang tersedia pada pameran tersebut mencapai lebih dari 3.000 kesempatan kerja.

    "Ini kesempatan yang baik bagi para pencari kerja di Kabupaten Kebumen," kata Dwi Suliyanto, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela acara.

    Dari ribuan lowongan kerja itu, lanjut Dwi Suliyanto, didominasi dari perusahaan garment, ritel dan tenaga kerja formal untuk luar negeri. Kegiatan tersebut juga untuk mempertemukan antara sejumlah pencari kerja dengan sejumlah pemberi kerja. "Jadi kegiatan ini untuk memfasilitasi para pencari kerja untuk mendapatkan informasi dan lowongan pekerja dari berbagai perusahaan," bebernya.

    Wakil Bupati Yazid Mahfudz, saat membuka job fair 2017 menyampaikan kegiatan ini membuka peluang bagi para pencari kerja, untuk memperoleh pekerjaan sesuai minat dan bidangnya.

    "Kebumen Job Fair 2017 diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja asal Kabupaten Kebumen di dunia usaha. Baik dalam maupun luar kota di berbagai sektor usaha," kata Yazid Mahfudz.

    Terlebih, angka pencari kerja di Kabupaten Kebumen juga cukup tinggi. Pada 2016 lalu penduduk usia diatas 15 tahun mencapai 881.010 jiwa. Dengan jumlah angkatan kerja mencapai 564.727 jiwa atau 64,1 persen.

    Jumlah pencari kerja sebanyak 16.044 orang. Yang terserap baru sekitatr 3.894 orang atau hanya 24,7 persen. Dengan rincian, 516 orang bekerja Antar Kerja Antar Lokal (AKAL), 2.055 orang bekerja Antar Kerja Antar Daerah (AKD). Selanjutnya, 1.323 orang bekerja Antar Kerja Antar Negara (AKAN).   "Dari data ini diketahui tingkat pengangguran angkat kerja kita masih tinggi,"  ungkap Yazid Mahfudz.

    Kebumen Job Fair 2017, lanjut wakil bupati, diharapkan bisa mengatasi masalah pengangguran yang terjadi selama ini. "Semoga kegiatan ini akan selalu mendapatkan respon positif dari masyarakat," harapnya

    Disisi lain, dia meminta para pencari kerja untuk membekali diri untuk meningkatkan kualitasnya agar semakin terampil. Karena era globalisasi memunculkan persaingan yang demikian tinggi dan makin kompetitif. "Dengan demikian melalui kegiatan ini makan program link and match antara dunia sekolah dengan pelaku industri juga dapat kontinyu dan diperbaharui," imbuhnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top