• Berita Terkini

    Wednesday, May 24, 2017

    Jelang Puasa, Makam Lemah Lanang Ramai Dikunjungi


    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menjelang bulan Ramadan 1438 hijriah, Makam Lemah Lanang ramai dikunjungi peziarah. Makam pendiri Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, yang berada di Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen itu ramai dikunjungi para peziarah sejak dua minggu terakhir.

    Seperti yang terpantau, Selasa (23/5/2017), sejak pagi makam yang terletak di perbatasan Desa Sumberadi dan Candimulyo itu dikunjungi ratusan peziarah dari berbagai daerah.

    Salah satu peziarah asal Purworejo, Suratin (54), mengaku dirinya bersama keluarga rutin berziarah ke makam tersebut minimal sekali dalam satu tahun. Yaitu di bulan Ruwah, menjelang Ramadan.

    "Tapi kalau pas waktunya luang, setahun dua kali. Ruwah sama Mulud," kata Suratin, yang kemarin berziarah bersama istri dan  tiga anaknya.  Suratin mengaku, datang ke tempat itu menaiki mobil sewaan.

    Hal senada dikatakan, Marzuki (61), yang juga mengaku setiap tahunnya selalu menyempatkan diri dua kali datang ke makam tersebut. Yaitu setiap menjelang peringatan Maulid Nabi dan bulan Ruwah (sya'ban menjelang Ramadhan).  "Ya, kita berdoa di tempat ini, juga mendoakan ulama pendiri Pondok Pesantren Somalangu," tuturnya.

    Makam tersebut kian ramai dikunjungi karena juga bersamaan dengan 542 tahun berdirinya Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu. Meski sudah ratusan tahun wafat, namun almarhum penyebar Islam di tanah Jawa masih lekat di benak masyarakat. Makam tersebut seolah menjadi magnet tersendiri bagi sejumlah warga. Ziarah yang dilakukan warga pada peringatan berdirinya Ponpes Al-Kahfi menjadi terasa sangat istimewa karena bertepatan dengan kedatangan bulan suci Ramadan.

    Mereka datang berduyun-duyun mengunjungi area komplek makam, mereka biasanya menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, juga rombongan menggunakan bus besar. Tak hanya masyarakat Kebumen, pada Milad Ponpes Al-Kahfi beberapa saat lalu, ribuan jamaah dari luar Jawa, seperti Sumatera, Jambi, Kalimantan, dan Sulawesi juga berdatangan.

    Bahkan sebagian dari mereka banyak yang menginap di Pondok Pesantren yang diasuh oleh KH Afifuddin bin Chanif Al Hasani itu, juga berasal dari para alumni dan orang tua santri.

    Rangkaian ziarah diawali dengan ziarah ke Maqbaroh Ardhir Rijal (Makam Lemah Lanang). Tempat tersebut merupakan makam pendiri Pondok Pesantren Al- Kahfi Somalangu Sayid Muhammad Ngisom Al Hasani atau Sayid Abdul Kahfi Awal. Ziarah di Lemah Lanang terdapat tiga makam. Selain Sayid Abdul Kahfi Awal juga ada makam Syeh Abdul Kahfi Sani dan Syeh Khanifudin, ayah dari KH Afifudin, pengasuh Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, saat ini.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top