• Berita Terkini

    Wednesday, May 17, 2017

    Depo Arsip Purworejo Diresmikan, Siap Simpan Data Bersejarah

    PURWOREJO- Melengkapi kebutuhan tempat dan sarana yang diperlukan, kini Kantor Arsip dan Perpustakaan memiliki tempat khusus yang disebut Depot Arsip. Peresemian kantor tersebut dilakukan Bupati Purworejo Agus Bastian dan perwakilan dari Perpustakaan Daerah Jawa Tengah, Rabu (17/5).

    Plt Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Purworejo, Muh Wuryanto mengatakan adanya Depot Arsip itu akan semakin memasyarakatkan arsip dan dinikmati oleh masyarakat. Rencananya bangunan berlantai dua itu akan dilengkapi dengan ruang audio visual sebagai sumber pembelajaran masyarakat.

    "Sasaran awal adanya depot arsip ini adalah tumbuhnya kesadaran dari OPD (organisasi perangkat daerah,red) BUMD, organisasi politik dan tokoh masyarakat di Purworejo agar bisa mempercayakan penyimpanan arsip bersejarah yang dimiliki untuk diserahkan kepada pemerintah," kata Wuryanto.

    Dicontohkan, dari berbagai arsip yang ada, saat ini pihaknya telah memiliki arsip perjalanan salah satu bupati lengkap dari awal pendidikannya hingga menjabat sebagai bupati di Purworejo.

    Perwakilan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Suminarsih menyampaikan penyelenggaraan kearsipan yang bermutu akan mendukung kepentingan manajemen pemerintahan dan pembangunan serta  menjamin penyelamatan bahan pertanggungjawaban nasional. Dengan demikian arsip merupakan bagian tak terpisahkan dari manajemen.

    "Keberhasilan pengelolaan arsip dengan sendirinya akan mempengaruhi kinerja organisasi karena arsip organisasi, secara nyata dan berkelanjutan memberikan dukungan kelancaran pada keseluruhan proses manajemen organisasi," kata Suminarsih.

    "Adanya Depot Arsip di lingkungan Pemkab Purworejo ini tentunya menjadi sarana dan prasarana yang memadai dan layak dibanggakan. Ini adalah prestasi yang luar biasa karena belum semua daerah mampu mewujudkan hal ini. Oleh karena itu, kami atas nama Pemerintah Republik Indonesia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Purworejo beserta jajarannya khususnya di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purworejo," tambahnya.

    Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian meminta agar Depot Arsip bisa menjadi cermin sejarah perjalanan Kabupaten Purworejo dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. "OPD, BUMD, organisasi politik dan masyarakat bisa turut andil dalam keberlangsungannya. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa meridhoi upaya kita dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik," ucap Bupati. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top