• Berita Terkini

    Tuesday, May 2, 2017

    25 Pelukis Kebumen Gelar Pameran

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Puluhan lukisan karya 25 pelukis handal Kebumen dipamerkan dalam acara "Pameran Seni Rupa Bangga Kebumen" di Rumah Budaya Bumi Bima Sakti Kebumen (selatan Masjid Agung Kebumen). Pameran yang menghadirkan lukisan berbagai aliran itu berlangsung selama 12 hari. Yakni mulai 25 April dan berakhir pada 8 Mei mendatang. Grand opening acara tersebut dilakukan oleh Bupati Mohammad Yahya Fuad, Selasa (2/5/2017).

    Hadir pada grand opening itu, Bupati Mohammad Yahya Fuad, Staf Ahli Bupati RAI Ageng Sulistyo, Ketua DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, sesepuh DKD Basuki Hendro Prayitno. Serta puluhan perupa baik dari Kebumen maupun dari daerah lainnya.

    Ketua Pameran Seni Rupa Bangga Kebumen, Ki Mujiono, mengatakan pameran merupakan ajang apresiasi bagi masyarakat yang tinggal di Kebumen. Sekaligus memberikan kesempatan kepada pelukis-pelukis setempat untuk bersama-sama memamerkan karya-karyanya. Mereka juga dapat saling tukar informasi dan proses kreatif bersama-sama.

    "Melalui pameran ini kami mencoba mengangkat harkat dan martabat Kebumen melalui seni dan budaya," kata Ki Mujiono, disela-sela acara.

    Pameran yang diinisiasi Paguyuban Budaya dan Spiritual Cakrabuana Kebumen bersama DKD Kebumen itu memamerkan sedikitnya 50 lukisan karya seniman terbaik Kebumen. Mulai dari perupa yang masih duduk dibangku sekolah dasar hingga seniman profesional.

    Pihaknya berharap melalui pameran seperti ini karya-karya yang selama ini kurang membumi akan lebih memasyarakat kembali. Sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung karya-karya pelukis berkelas.

    Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya pameran lukisan tersebut. Terlebih penyelenggaraannya ditengah keterbatasan biaya dan tempat. "walaupun dengan keterbatasan yang ada, bisa membuktikan diri dengan pameran Bangga Kebumen," ujarnya.

    Pihaknya berharap, melalui pameran itu hasil karya dari para seniman lukis akan semakin dihargai oleh masyarakat. "Kalau seniman maju maka wisata akan maju. Dapat bersinergi dengan pemerintah," tegasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top