• Berita Terkini

    Saturday, April 15, 2017

    Warga Ori Resmikan 9 Poskamling Hasil Swadaya

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Warga Desa Ori, Kecamatan Kuwarasan layak berbangga. Pasalnya, mereka kini memiliki Pos Kamling baru. Tak tanggung-tanggung, sembilan Pos Kamling yang tersebar di sembilan RT di desa setempat difungsikan serentak. Hebatnya lagi seratus persen dibangun dengan dana swadaya masyarakat.

    Pos ronda yang dibangun kurang dari satu bulan tersebut diresmikan penggunaannya oleh Kapolsek Kuwarasan AKP Heru Supriyanto, yang ditandai dengan pemukulan kentong. Hadir pada acara tersebut Camat Kuwarasan Triyanto, Muspika Kuwarasan, Kepala Desa Ori Solehan, serta tokoh masyarakat setempat.

    Solehan menjelaskan pembangunan Pos Kamling sendiri digagas oleh masyarakat setempat. Dengan tujuan untuk memenui rasa aman bagi warga desa setempat. "Ini murni swadaya masyarakat. Alhamdulillah pembangunannya bisa cepat selesai," kata Solehan, disela-sela peresmian.

    Solehan menjelaskan, swadaya masyarakat untuk membangung Pos Kamling mencapai Rp 39 juta. Untuk membangun sembilan pos, yang terdiri dari lima posa baru dan empat pos lama yang direnovasi. "Dengan adanya Pos Kamling yang baru ini harapannya berharap agar kebutuhan dasar akan keamanan lingkungan akan tercipta," ujarnya.

    Selain itu, dia juga berharap masyarakat setempat berpartisi aktif ikut menggiatkan kembali ronda malam. Bahkan pihaknya akan memberikan hadiah bagi tiap RT yang giat menjalankan ronda malam dan pengambilan jimpitan.

    Kapolsek Kuwarasan AKP Heru Supriyanto, menyampaikan dengan adanya Pos Kamling masyarakat diharapkan menggiatkan kembali ronda. Yang berarti membantu tugas kepolisian untuk  menjaga lingkungannya sendiri. Hal senada dikatakan Camat Kuwarasan Triyanto. Triyanto berharap apa yang telah dilakukan warga Desa Ori dapat ditiru oleh desa lain. "Agar desa lain ikut mencontoh Desa Ori yang menggiatkan ronda malam," pintanya.

    Dalam peresmian tersebut juga dilanjutkan dengan membahas program sistem keamanan lingkungan (Siskamling), yang melibatkan keseluruhan warga setempat. Warga diminta untuk turut serta bersama-sama menjaga keamanan lingkungan.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top