• Berita Terkini

    Friday, April 7, 2017

    Persiapan Mudik, Kesiapan Jalur Tol Pemalang-Batang Dicek

    PEKALONGAN - Untuk mengetahui sejauhmana kesiapan jalur tol Pemalang-Batang untuk dilalui pemudik lebaran 2017 mendatang, Kapolres Pekalongan Kota dan jajarannya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) melaksanakan survei ke sejumlah titik exit tol di Pemalang hingga Sokoduwet, Pekalongan Selatan, Jumat (7/4).

    Pengecekan itu dipimpin langsung Kapolres Pekalongan Kota AKBP Enriko Sugiharto Silalahi. Turut mendampingi, Kasatlantas AKP Sugiyanto, Kasat Sabhara AKP Ariakta Gagah Nugraha, sejumlah perwira dan anggota.

    Turut pula dalam rombongan, sejumlah anggota Dishub Kota Pekalongan, seperti Kabid Lantas M Restu Hidayat. Sejumlah wartawan juga turut disertakan dalam survei lapangan tersebut.

    Pengecekan dilakukan menggunakan sejumlah mobil patroli jenis double cabin (backbone), serta beberapa sepeda motor trail. Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Tim langsung bergerak ke barat, menuju exit tol Pemalang di daerah Gandulan dan Taman.

    Dilanjutkan pengecekan ruas tol di daerah Bojong, lalu melewati Pekajangan, Kabupaten Pekalongan, sampai dengan titik keluar di Exit Tol Sokoduwet, Kota Pekalongan, yang berjarak kurang lebih 25 Km.

    "Kita melakukan pengamatan langsung di lapangan untuk mengetahui secara pasti sejauhmana progress pembangunan jalan tol ini, terutama dalam rangka persiapan menjelang arus mudik mendatang," ungkap Kapolres.

    Dari pengamatan yang dilakukan, diketahui ada beberapa titik ruas tol yang belum selesai, sehingga saat ini belum bisa dilalui kendaraan. Diharapkan, ruas-ruas yang saat ini belum selesai tersebut, sebelum tiba arus mudik lebaran mendatang sudah selesai. "Sehingga bisa membantu, menjadi alternatif supaya tidak terjadi kemacetan di Kota Pekalongan. Bagaimanapun kita harus yakin kalau itu bisa selesai," katanya.

    Untuk kepastiannya, imbuh Kapolres, pihaknya bersama instansi terkait masih menunggu informasi lebih lanjut dari pengembang jalan tol yang bersangkutan. "Ini menjadi data awal kita untuk mengambil langkah-langkah dan tindakan, serta merencanakan rekayasa arus lalu lintas pada saat arus mudik maupun balik lebaran mendatang," imbuhnya.

    Sementara, Kabid Lantas Dishub Kota Pekalongan, Restu Hidayat, mengungkapkan Kota Pekalongan perlu menyiapkan berbagai rekayasa dan jalur alternatif untuk menghadapi arus mudik dan arus balik mendatang. Apalagi, apabila ternyata ruas tol Pemalang-Batang belum bisa dilalui pengemudi.

    "Ada kemungkinan, untuk ruas tol sampai dengan Batang belum selesai. Tetapi kemungkinan besar, sampai exit tol Pemalang sudah selesai dan bisa dilalui kendaraan. Maka setelah dari tol, kendaraan-kendaraan akan membanjiri masuk ke Kota Pekalongan. Maka perlu dipersiapkan langkah-langkah untuk mengurai supaya tidak terjadi kemacetan," jelasnya. (way)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top