• Berita Terkini

    Tuesday, April 25, 2017

    IKA Bangkitkan Kembali Semangat Kartini Masa Kini

    MAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ikatan Keluarga (IKA) Tut Wuri Handayani UPTD Dinas Pendidikan (Disdik) Kecamatan Klirong membangkitkan kembali semangat Kartini untuk meningkatkan daya cipta dan kreatifitas perempuan masa kini. Hal itu dilaksanakan dengan menggelar beberapa lomba pada Peringatan Hari Kartini ke 130 beberapa waktu lalu, di Aula KPRI “MASA” Klirong.

    Adapun beberapa lomba yang dilaksanakan meliputi Kudapan, Garnis dan Keluwesan/Keserasian dalam berbusana. Acara yang diikuti oleh ribuan peserta itu, dihadiri oleh Kepala UPTD Disdik Klirong Sururudin SPd.

    Ketua Panitia Pelaksana Sri Rokhmi SPd menyampikan, saat ini terdapat perlombaan kudapan yakni membuat snack berat berbahan non beras. Hal ini dimaksudkan agar para ibu mampu kreatif membuat makanan untuk keluarga dengan memanfaatkan bahan non  beras. “Ini sangat penting, untuk mencukupi kebutuhan gizi anak, seorang ibu memang dituntut untuk mampu membuat berbagai makanan,” tuturnya.

    Selain itu, lanjut Sri Rokhmi, juga dilaksanakan lomba garnis yakni menghias menu masakan menggunakan berbagai sayuran, seperti wortel, sawi, terung dan lain sebagainya. Berbicara mengenai makanan, ternyata tidak hanya pada rasa semata. Penyajian dengan penampilan menarik akan semakin meningkatkan selera makan. “Untuk itulah seni garnis menjadi penting. Selain meningkatkan selera makan, garnis juga memberikan kepuasan tersendiri,” paparnya.

    Ketua IKA Tut Wuri Handayani UPTD Disdik Klirong Dji Indiningsih SPd menyampaikan, selain kedua lomba tersebut juga dilaksanakan lomba keluwesan dalam berbusana, Bagaimana pun kodrat wanita merupakan sebuah perhiasan dunia. Wanita merupakan simbol keindahan, sehingga kemampuan untuk merias diri menjadi hal penting. “Kecantikan wanita akan menjadi kepuasan tersendiri bagi suaminya,” terangnya.

    Penasehat IKA Tut WurI Handayani Klirong Tri Hanani Sururudin SPd menyampikan setiap wanita diharapkan mampu menjadi Kartini masa kini. Hal itu dilakukan dengan terus semangat berjuang untuk keluarga dan mengabdikan diri kepada suaminya. “Ingatlah, bagaimana pun suksesnya seorang wanita, dia harus menjalankan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu,” katanya.

    Sementara itu Kepala UPTD Disdik Klirong Sururudin SPd menyampikan, dibalik kesuksesan suami pasti terdapat istri yang luar biasa. Tanpa dukungan dari istri maka suami akan sangat sulit mencapai kesuksesan. “Kesuksesan suami tidak terlepas dari peran serta seorang istri, maka dari itu jangan sepelekan pengorbanan wanita yang  rela tampil di belakang untuk mengurus segala pernak-pernik rumah dan anak,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top