• Berita Terkini

    Thursday, April 6, 2017

    Diterjang Banjir, Jembatan Sirangkok Banjarnegara Ambrol

    darno/radarbanyumas
    BANJARNEGARA - Hujan yang berlangsung terus menerus membuat Jembatan Sirangkok di Dusun Kalisa RT 6 RW 8 Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan ambrol,Kamis (6/4) pukul sore. Pondasi jembatan yang dibangun tahun 1994 ini tidak kuat menahan terjangan banjir.

    Kades Gumelem Kulon, Arief Machbub mengatakan ambrolnya jembatan ini dipicu curah hujan yang cukup cukup tinggi. "Hujan deras turun dari jam satu sampai jam enam sore. Akibatnya jembatan penghubung antar  Desa Gumelem Kulon dengan Desa Gumelem Wetan longsor. Jembayan tersebut merupakan . satu-satunya akses jalan warga Gumelem  Kulon yang akan melakukan aktivitas ke kota. Dan merupakan jalur  ekonomi dan pendidikan," terangnya.


    Dikatakan, akibat ambrolnya jembatan tersebut kini warga dari dua kadus tidak bisa menggunakan kendaraan roda empat. "Kadus II dan Kadus III dimana dua pertiga wilayah Desa Gumelem kulon berada di desa tersebut," terangnya.

    Dia menjelaskan akibat peristiwa tersebut sekitar 2500 KK atau 7.000 jiwa tidak bisa beraktivitas normal. "Mereka yang terkena dampaknya yaitu yang tinggal di Dusun Nanas,Trenggiling, Dares, Gripis, Pogung, Wanarata, Gunung Duwur," paparnya.

    Kasi Pelayanan Desa Gumelem Kulon, Dimin menjelaskan jembatan Sirangkok memiliki panjang 15 meter dan lebar 3 meter. "Jembatan tersebut ambruk. Sayap jembatan yang terkena dampaknya panjangnya 10 meter dan  lebar lima meter serta tinggi lima  meter..Aspal separuh bahu jalan ikut ambrol. Jika malam ini hujan lebat berlangsung
    terus-menerus diperkirakan ikut ambrol juga," ungkapnya. (drn)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top