• Berita Terkini

    Wednesday, April 5, 2017

    Desa Banjararjo Ayah jadi Sasaran TMMD Sengkuyung Tahap I

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tingkat Kabupaten Kebumen dibuka oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, di lapangan Desa Banjararjo, Kecamatan Ayah, Rabu (5/4/2017).

    Dalam laporannya, Pasiter Kodim 0709 Kebumen, Kapten Inf Catur Teguh Widodo mengatakan, TMMD Sengkuyung di Desa Banjararjo ini berlangsung selama 30 hari. Yaitu mulai 5 April-4 Mei mendatang. TMMD akan menggarap sejumlah kegiatan fisik, antara lain pembangunan jalan rabat beton sepanjang 364,85 meter, pembuatan talud sepanjang 24 meter, dan renovasi lima unit rumah tidak layak huni (RTLH).

    Ia menambahkan, untuk kegiatan non fisik yang dilakukan, yakni penyuluhan bela negara, kesadaran hukum, UMKM, tenaga kerja dan Narkoba. Penyuluhan BPJS Kesehatan, HIV/AIDS,  penyuluhan bahlatkom, penanggulangan teroris, serta percepatan penganekaragaman konsumsi berbasis pangan lokal. Selain itu, juga akan dilakukan pembinaan perangkat desa, penyuluhan kependudukan, penyuluhan tenaga kerja, penyuluhan reproduksi sehat dan pemutaran film.

    "TMMD Sengkuyung tahap I di Kabupaten Kebumen ini ditopang dari APBD Provinsi Jawa Tengah dan dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen," katanya.

    Catur Teguh Widodo, mengatakan dipilihnya Desa Banjararjo sebagai sasaran TMMD, karena desa tersebut termasuk desa tertinggal. Selain itu, prasarana jalan penghubung belum memadai. Tak hanya itu, warga di desa ini juga juga memiliki semangat gotong royong yang cukup tinggi. "TMMD juga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat serta sinergitas TNI dengan instansi terkait," tegasnya.

    Sementara itu, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyampaikan TMMD merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan. "Serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita hari ini," kata Mohammad Yahya Fuad, saat menjadi inspektur upacara.

    Menurut Yahya Fuad, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui TMMD menjadi suatu kekuatan liar biasa untuk memajukan desa. "Kita ingin seluruh desa makin maju dan mandiri. Kita ingin kehidupan rakyat makin sejahtera, jalan dan jembatan makin memadai. Sehingga aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa main lancar," ujarnya.

    Pembukaan TMMD Tahap I 2017 ditandai dengan penyerahan alat kerja, serta pemukulan kentong oleh Bupati Mohammad Yahya Fuad. Hadir pada pembukaan tersebut, Wakil Bupati Yazid Mahudz, Ketua DPRD Cipto Waluyo, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Suep, Wakapolres Kompol Umi Mariati, Plh Sekda Mahmud Fauzi, para Asisten Sekda, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top