• Berita Terkini

    Tuesday, April 25, 2017

    Cegah Kejadian Laka Puncak, Kelaikan Bus Diperiksa

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kebumen bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kebumen beserta petugas Terminal Tipe A Kebumen menyelenggarakan pengecekan kelaikan kendaraan bus. Pengecekan yang dilaksanakan untuk meminimalisir kecelakaan itu, dilaksanakan di terminal bus Kebumen, Selasa (25/4/2017).

    Bus merupakan salah satu kendaraan umum yang banyak membawa penumpang. Untuk itu kelaikan kendaraan menjadi prioritas utama. Pasalnya jika sampai terjadi kecelakaan tentunya akan memakan banyak korban.

    Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti SSos melalui KBO Satlantas Polres Kebumen Iptu Sugito mengatakan pemeriksaan dilaksanakan guna mempersiapkan kendaraan umum yang berkeselamatan. Umumnya bus digunakan setiap hari dan membawa banyak penumpang. Untuk itu penting sekali dilakukan pengecekan. Bus dalam kondisi tak lain, maka akan sangat beresiko tinggi tidak  jika tetap beroperasi.

    Dampak yang akan jika bus tidak sesuai prosedur kelaikan pun akan sangat besar. “Banyak nyawa yang ada di atas kendaraan umum sehingga jangan sampai fatalitas kecelakaan terjadi seperti di jalur puncak beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

    Adapun beberapa pemerikasan yang dilaksanakan, lanjut Iptu Sugito, meliputi sistem pengereman, lampu sein (riting), lampu utama, sweeper dan lain sebagainya seperti kepadatan angin pada ban. Pengecekan dilaksanakan pada puluhan bus yang sedang masuk Terminal Kebumen. "Sejauh ini, tidak ditemukan kendaraan yang tidak laik beroperasi," katanya.

    Sementara itu, Kepala Terminal Kebumen Muhlisin menyambut positif dan mengaku senang dengan langkah Satlantas Polres bersama Dishub Kebumen. Menurutnya dalam upaya untuk mencegah atau meninimalisasi kecelakaan memang penting dilakukan upaya preventif. Hal ini tentunya akan sangat efektif dan efisien dalam mengurangi kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan umum. “Upaya preventif sangat baik dilakukan, sebab mencegal lebih baik dari pada mengobati,” paparnya.

    Sebelumnya pemeriksaan adminsitrasi bus juga dilaksanakan oleh pihak Terminal Kebumen. Pada pemeriksaan itu ditemukan banyak bus yang melanggara trayek.  Bahkan beberapa bus yang seharusnya melewati jalur pantura pun melewat Kebumen. Padahal bus tersebut memiliki ijin trayek untuk melewati Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top