• Berita Terkini

    Tuesday, April 18, 2017

    Bupati Kebumen Minta Satpol PP Lebih Humanis

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kebumen, diminta bersikap lebih humanis dalam menjalankan tugas menegakkan perda. Hal ini penting guna meminimalkan gesekan ketika berhadapan dengan masyarakat. Hal itu dikatakan Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, pada resepsi HUT Satpol PP ke-67, Satlinmas ke-55 dan Hari Pemadam Kebakaran ke-98 di Kantor Satpol PP Kebumen, kemarin.

    Menurutnya, humanis adalah memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik, berdasarkan asas perikemanusiaan dan pengabdian bagi kepentingan sesama umat manusia. Terutama,selalu menganggap manusia sebagai objek terpenting dalam setiap keputusan.

    Satpol PP dalam menjalankan tugasnya harus selalu mengedepankan mekanisme preventif dalam setiap penegakan perda. Serta proses-proses pembinaan dan penertiban kepada masyarakat. "Harus mampu senantiasa mendekatkan diri kepada masyarakat, membangun jejaring dan komunikasi dengan anggota lainnya," kata Bupati Yahya Fuad.

    Bupati menjelaskan, Satpol PP merupakan salah satu potensi sumber daya aparatur yang sangat penting dalam pemerintahan daerah. Begitu pula dengan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan petugas pemadam kebakaran. Karenya, bupati meminta dalam menyelenggarakan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, ketiganya harus berjalan kompak.

    "Jika ada situasi yang tidak nyaman, tidak aman dan tidak tenteram, maka harus hadir memberikan pelayanan di tengah masyarakat. Masyarakat sangat berharap pada pelayanan kita," ujarnya.

    Pada kesempatan itu, bupati juga mengajak Satpol PP, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran untuk meningkatkan motivasi dan tekad untuk mempersembahkan pengabdian terbaik. "Melalui peran, tugas dan fungsinya masing-masing," tegasnya.

    Sementara itu, resepsi HUT Satpol PP ke-67, Satlinmas ke-55 dan Hari Pemadam Kebakaran ke-98 dirayakan dengan sederhana. Acara tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh  Bupati Mohammad Yahya Fuad, yang diserahkan kepada perwakilan anggota Satpol PP.

    Plt Kepala Satpol PP Titi Widagni, mengatakan sejumlah kegiatan telah dilakukan untuk memeriahkan HUT Satpol PP ke-67, Satlinmas ke-55 dan Hari Pemadam Kebakaran ke-98. Diantaranya, VCT HIV/AIDS pada 3-4 April di Desa Kalitengah Kecamatan Gombong dan Sempor. Kemudian kerja bakti bersama PKL Alun-alun Kebumen, pada 15 April dan bakti sosial donor darah di acara Car Free Day pada 16 April.

    Untuk diketahui sejak pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru unit pemadam kebakaran digabung dengan Satpol PP. Sebelumnya berada dibawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top