• Berita Terkini

    Thursday, April 13, 2017

    1.256 Siswa SD/MI Ikuti Try Out di Spemuda Kebumen

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sebanyak 1.256 siswa SD/MI mengikuti kegiatan uji coba ujian atau try out yang dilaksanakan oleh SMP Muhammadiyah 2 (Spemuda) Kebumen, Minggu (9/4/2017).  Dalam acara tersebut, para peserta terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan. Pasalnya try out, sendiri merupakan bagian dari langkah siswa untuk mempersiapkan ujian sekolah yang akan dilaksanakan 18-20 Mei 2017 mendatang.

    Adapun mata pelajaran yang diuji cobakan pada try out tersebut yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

    Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Imam Romzan Fauzi SthI mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, sebagai salah satu pilar pendidikan di kabupaten berslogan Beriman ini. "Soal try out kami susun bekerja sama dengan Bimbingan Belajar Ganesha Operation Kebumen. Soal-soal itu telan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kisi-kisi ujian sekolah," katanya.

    Lebih lanjut dijelaskan, try out sangat penting. Sebab bermanfaat bagi siswa, juga bagi guru mata pelajaran, pimpinan sekolah maupun orang tua siswa. Selain itu dengan mengikuti try out, siswa akan lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. “Dengan demikian maka para siswa akan semakin siap untuk menghadapi Ujian Sekolah. Sementara itu bagi para guru, hasil try out dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dapat menentukan tindakan pembelajaran lebih lanjut,” katanya.

    Hasil try out, lanjut Imam Ramzan, dapat menjadi pertimbangan untuk lebih memfokuskan kegiatan belajar para siswa. Sedangkan bagi pimpinan sekolah, hasil try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Adanya data tersebut dapat untuk dijadikan perbandingan dengan sekolah lainnya, baik pada tingkat kecamatan maupun di kabupaten.

    “Try out juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu anak belajar di rumah. Jika hasil try out yang diperoleh siswa tidak memuaskan, maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk kembali belajar. Jika hasil yang diperoleh anak belum memuaskan, maka orang tua dapat mengambil tindakan atau strategi untuk membimbing anak belajar di rumah,” paparnya.

    Imam Romzan menambahkan, pelaksanaan tryout kali ini yang diikuti oleh 53 SD/MI yang terdiri atas 1.256 siawa. Pelaksanaan try out ini, merupakan kali keempat yang dilaksanakan oleh Spemuda Kebumen. Dengan sistem pengawasan yang memadai, diharapkan hasil try out yang diraih oleh para siswa dapat benar-benar akurat, sehingga akan memudahkan semua pihak untuk mengambil sikap dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan ujian sekolah.

    “Untuk lima besar peraih nilai terbaik try out ujian sekolah yakni Naura Khansa Syafina dari SD Muhammadiyah Kebumen, Alya Rahma Dhani dari SDIT Al Madinah, Muhammad Nur Iqbal dari SDIT Al Madinah, Zia Anasya Humaira dari SDN 1 Kebumen dan Fillah Aulia Humaira dari SDN 4 Kutosari. Selamat kepada para siswa semuanya,” ucapnya. (by/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top