• Berita Terkini

    Wednesday, March 1, 2017

    Sekda Grobogan "Dicopot" dari Jabatan

    ILUSTRASI
    GROBOGAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Grobogan Sugiyanto dicopot dari jabatannya. Bupati Sri Sumarni memutasinya menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik. Pencopotan jabatan itu dilakukan di Gedung Riptaloka kemarin.

    Pergeseran jabatan itu, membuat eselon Sugiyanto turun. Sebab, sekda adalah pejabat dengan eselon II-A. Sedangkan Staf Ahli Bupati eselon II-B.
    Sugiyanto menjadi Sekda Grobogan sejak 1 Februari 2012 lalu. Hingga sekarang sudah lima tahun menjabat di posisi tersebut. Sebagai penggantinya, bupati mengangkat Moh Nursyahid asisten I administrasi menjadi pelaksana tugas (Plt) sekda.

    Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam sambutanya mengatakan, mutasi jabatan merupakan hal biasa dalam organisasi pemerintahan. Selain penyegaran, pergeseran jabatan tersebut berdasarkan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor 5 Tahun 2014, bahwa jabatan sekda dengan jabatan kepala dinas, kepala badan, staf ahli itu satu level dengan sebutan jabatan tinggi pratama.

    ”Sesuai undang-undang ASN, jabatan tingga pratama paling lama lima tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan pejabat pembina kepegawaian dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Jadi, pergeseran jabatan ini sesuai aturan yang berlaku,” kata bupati.

    Pelantikan dan pengambilan tersebut dihadiri seluruh pimpinan SKPD dan para camat. Pergantian dan pengangkatan dilakukan karena ada pertimbangan di antaranya pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi. Selain itu, perpanjangan juga baru bisa dilakukan setelah mendapat persetujuan pejabat pembina kepegawaian dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara.

    ”Untuk Plt nanti akan bertugas sampai terpilih sekda dari hasil seleksi terbuka yang dilangsungkan selama 14 hari kerja, dimulai 2 -16 Maret mendatang. Seleksi jabatan sekda akan digelar secara terbuka untuk seluruh ASN di Jawa Tengah sesuai dengan syarat,” ujarnya.

    Bupati, juga menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan atas segala pengabdian Sugiyanto selama menjabat sebagai sekda. ”Saya juga berharap agar saudara (Sugiyanto) tetap menjaga semangat dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas jabatan yang baru,” harapnya.

    Kepala Badan Pelatihan dan Kepegawaian Daerah Grobogan Suhadi menambahkan, seleksi terbuka untuk jabatan sekda juga dibarengi dengan lelang jabatan kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Grobogan dan Badan Perencana Pembanguann Daerah (Bappeda).

    ”Para Pejabat Eselon II.b silahkan mendaftarkan pada seleksi sekretaris daerah, dan para pejabat eselon III juga dapat mendaftar pada seleksi Kepala Bappeda atau Kepala Disperindag, sepanjang memenuhi persyaratan yang ditentukan. Khusus pengisian Asisten II masih perlu waktu dan pertimbangan (lewat seleksi atau cukup mutasi), karena kekosongannya diluar prediksi dan masih dalam masa berkabung,” tandasnya. (mun/lil)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top